Inspirasi

Apa itu Homeschooling?

apa itu homeschooling

Ketika kita mendengar kata Homeschooling mungkin kita tidak merasa asing dengan kata tersebut. Akan tetapi kebanyakan dari kita hanya sekedar mengetahui bahwa Homeschooling itu merupakan Sekolah yang proses belajarnya di rumah. Sedangkan untuk makna lebih jauhnya sendiri mengenai Home Schooling banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Ya secara sederhana memang benar Homeschooling merupakan suatu proses pendidikan yang pembelajarannya dilaksanakan di rumah. Homeschooling muncul dan banyak di anut oleh negara-negara Barat seperti Amerika Serikat.

Homeschooling ini pada awalnya muncul karena ada anggapan bahwa Pendidikan yang dilaksanakan di persekolahan pada umumnya kurang menanamkan nilai keagamaan kepada anak dengan baik, maraknya bullying yang terjadi di Persekolahan, serta adanya ketidak cocokan antara sistem pendidikan yang diterapkan di Sekolah dan sistem pendidikan yang diinginkan oleh orang tua, Dari ketiga alasan diatas lah muncul kegiatan belajar seperti di Persekolahan yang dilaksanakan di rumah. Dengan Homeschooling siapapun bisa menjadi gurunya, baik itu anda sebagai orang tua, kerabat, ataupun memang  memanggil guru khusus yang sudah kompeten dalam bidang ngajar mengajar. Untuk kurikulumnya sendiri anda bisa memilih apakah ingin disesuaikan dengan kurikulum Sekolah ataukah memang ingin program rancangan anda sendiri. Jika memang ingin sama, gampang anda tinggal melihatnya di internet.

Melalui Homeschooling ini anda bisa memilih program pembelajaran yang menurut anda dan anak anda sesuai. Anda bisa memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari, kapan waktu belajarnya, dan juga kegiatan pengembangan diri apa yang ingin diberikan kepada anak anda. Sehingga anak bisa belajar sesuai keinginannya dan ia terarah nantinya ingin menjadi apa. Karena mereka biasanya belajar sendiri maka otomatis setiap pelajaran bisa lebih cepat dan mudah dipahami. Ketika tidak tahu bisa langsung bertanya pada sumbernya. Tetapi jika dengan homeschooling ini anda harus siap untuk memiliki budget untuk membayar guru sekaligus fasilitas lain seperti buku. Tapi di lain sisi anda tidak perlu memberi biaya operasional, ataupun seragam untuk anak anda.

Selain beberapa keuntungan yang bisa anda dapat masih bayak anggapan yang menyatakan bahwa jika dengan Homeschooling maka perkembangan dan sosialisasi anak akan terbatas. Disebabkan ia tidak belajar bersama dengan temannya seperti pada di Sekolah pada umumnya. Selain itu perlu diperhatikan juga nanti ijazahnya bagaimana apakah akan mendapat sama seperti di pendidikan formal ataukah ijazahnya persamaan. Hal ini perlu diperhatikan sekali karena ijazah anak anda sangat menentukan jenjang pendidikan ia selanjutnya. Home Schooling tidaklah buruk, meski ia Sekolah di rumah anak masih bisa bersosialisasi dengan anak lain, yaitu dengan cara bermain dengan anak lain di sekitar rumah. Ataupun anak anda dimasukkan ke les-les sesuai bakatnya. Tetapi sebelum memutuskan hal ini tentu perlu ditanyakan kesipan anak anda untuk Home Schooling. Apakah ia siap dengan segala konsukuensinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top