Inspirasi

Benarkah olahraga berenang bermanfaat untuk Anak-anak?

image source: timeout.com

Setiap orang tua tentu ingin anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Baik itu fisiknya maupun psikisnya. Oleh karena itu berbagai cara biasanya dilakukan, mulai dari memberikan asupan gizi yang menunjang pertumbuhannya hingga memberikan kegiatan yang mampu menstimulus pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu dari jenis kegiatan penunjang tersebut yakni olahraga. Nah ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda berikan kepada anak, baik itu di olahraga di darat maupun olahraga di air. Salah satu contoh olahraga air yang bisa anda berikan kepada anak yakni berenang. Karena berenang ini memiliki beberapa manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Beberapa diantara manfaat tersebut antara lain:

1.Meningkatkan IQ Anak

Menurut salah satu penelitian di Melbourne, Australia menyatakan bahwa anak-anak yang sudah dilatih berenang sejak dini maka IQ nya akan lebih tinggi dibanding anak yang baru diajarkan berenang pada usia 5 tahun. Hal ini disebabkan gerakan renang merangsang saraf-saraf yang ada pada otak.

2. Menstimulus sistem motorik anak

Ketika berenang otomatis semua anggota tubuh anak bergerak, terutama tangan dan kaki hal ini baik untuk melatih sistem motorik anak khususnya sistem motorik kasar.

3. Membantu pertumbuhan fisik

Ketika anak berenang maka otot tangan dan otot kakinya akan bergerak agar ia mampu tetap terapung dalam air. Nah pertumbuhan otot yang baik akan menunjang perkembangan fisik anak yang baik. Biasanya anak yang suka berenang secara teratur akan lebih cepat tinggi dibanding dengan anak yang tidak berenang.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anak-anak memang suka bermain air, terkadang sebagai orang tua kita takut karena terlalu lama bermain di air anak bisa sakit. Nah anda tidak perlu khawatir karena jika berenang dilakukan dengan benar maka anak akan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Hal ini disebabkan karena renang akan memperlancar sirkulasi darah dan kerja organ-organ tubuhnya. Otot-otot tubuhnya akan menjadi lentur dan kuat sehingga daya tahan tubuhnya menjadi tinggi.

5. Membentuk Kepribadian

Biasanya anak yang biasa berenang akan memiliki kepercyaan diri, keberanian, kemandirian dan penyeseuaian diri yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak biasa berenang. Hal ini disebabkan ia sudah terbiasa mengatur cara bagaiamana agar bisa bergerak di dalam air tanpa tenggalam ataupun menghirup air itu sendiri.

6.Melatih Kemampuan Sosial

Jika anak brenang bersama temannya maka otomatis ia akan bersosialisasi dengan temannya itu. Maka dengan demikian berenang mampu melatih kemampuan sosial anak.

7. Mempererat hubungan Orangtua Anak

Anak tidak bisa dibiarkan berenang begitu saja tetapi harus diawasi oleh anda. Selain mengawasi anda juga bisa melatih ia agar mahir berenang sekaligus mengajak ia berenang bersama (bermain). Hal ini bisa mempererat hubungan anda dengan anak, atau mungkin jika anda termasuk orang tua yang sibuk renang bisa mnejadi salah satu quality time anda dengan anak.

Nah, setelah mengetahui manfaat berenang untuk anak anda. Tertarikah anda untuk membiasakan anak berenang? Semoga uraian tentang manfaat renang ini menjadi referensi pilihan anda dalam memilih kegiatan yang positif bagi anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top