Inspirasi

Ini Akibat Sering Mencontek

Akibat mencontek

Ulangan, kata itu sudah tak asing lagi ditelinga seorang pelajar. Ulangan bisa dikatakan jadwal rutin seorang pelajar. Ulangan ada yang bersifat mendadak misalnya kuis atau pretest sebelum pembelajaran, ada juga yang sudah terencana misalnya UTS dan UAS. Agar bisa mendapat hasil yang memuaskan ketika ulangan maka diperlukan jawaban yang tepat. Nah untuk bisa  menjawab soal ulangan dengan tepat itu tentu tidaklah mudah, kita harus menghafal dengan baik agar bisa mengerjakannya. Terkadang karena faktor tertentu seorang pelajar melupakan tugasnya utuk belajar, sehingga pada saat ulangan ia tidak tahu apa yang harus ia isi di lembar jawaban. Oleh karena itu jalan terakhir yang ia lakukan adalah memncontek. Mungkin pada awalnya mencontek ini ia lakukan hanya pada saat kepepet saja tapi lama kelamaan mencontek telah membudaya pada  dirinya dan susah sekali untuk ditinggalkan. Padahal taukah kamu apa akibat dari sering mencontek itu? Berikut ini diuraikan beberapa akibat dari seorang mencontek, yang sebenarnya merugikan loh:

1. Malas Belajar

Karena terbiasa untuk mencontek maka tidak ada lagi semangat untuk belajar, karena dalam pikirannya sudah terkonsep buat apa belajar toh nanti ulangan tetap bisa bagus tanpa harus belajar.

2. Otak Menjadi Tumpul

Otak kita akan menjadi tumpul, tidak terasah. Hal ini disebabkan karena kita sudah terbiasa untuk mencontek (melihat jawaban langsung kepada sumber belajar tersebut) dan tidak dibiasakan berpikir untuk menemukan jawaban dari sebuah  permasalahan.

3. Menghalalkan Segala Cara

Orang yang mencontek akan menghalakan segala cara untuk mendapatkan jawaban yang dianggap benar. Entah itu melihat dari buku, googling dari internet, bertanya kepada teman, ataupun menuliskannya di kertas kecil, dll. Hal ini secara tidak langsung akan membentuk karakter ia menjadi seseorang yang kelak di kehidupannya nyatanya di masyarakat menjadi orang yang tamak, egois, dan menghalalkan segala cara.

4. Melatih Ketidakjujuran (Berbohong)

Mencontek melatih kita untuk tidak jujur, yakni dengan menjawab pertanyaan dengan bukan hasil pemikiran kita sendiri. kebiasaan tidak jujur ini lama-kelamaan bisa menjadi kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari.

5. Tidak Percaya Diri

Karena sudah terbiasa mencontek maka rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapatpun akan hilang. Kita akan selalu ragu dan takut untuk menjawab.

6. Pengetahuan Menjadi tidak Berkembang

Dikarenakan tidak terbiasa untuk berpikir, maka pengetahuan yang kita miliki tidak akan berkembang hanya sebatas pada apa yang ada di buku yang dijadikan bahan contekan. Padahal jika otak dibiarkan berpikir maka akan banyak pengetahuan baru yang dimiliki.

7. Tidak Bertanggung jawab

Mencontek juga melatih diri kita menjadi orang yang tidak bertanggung jawab, ulangan itu kan seharusnya kita jawab sendiri bukan malah melihat pada orang/sumber lain. Hal ini menandakan ketidak amanahan/tidakbertanggung jawab.

Itulah beberapa akibat apabila kamu sering mencontek. Apakah kamu mau mengalami hal-hal buruk yang telah dipaparkan di atas? Tidak mau kan? Kalau begitu segera hentikan kebiasaan mencontekmu dan ingatkan teman kamu yang masih suka mencontek agar segera berhenti. Sebelum tenggelam terlalu dalam maka segeralah keluar dari kubangan berlumpur itu!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top