Inspirasi

Manfaat Yang Kamu Dapat Dari Ekstrakurikuler

manfaat ekskul

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di Sekolah yang bisa diikuti siswa selain mata pelajaran wajib. Ekstrakurikuler ada yang dilaksanakan setelah jam pelajaran selesai pada hari tertentu, atau khusus dilaksanakan pada hari Sabtu. Ekstrakurikuler yang ada di sebuah Sekolah biasanya banyak sekali ragamnya ada yang berhubungan dengan organisasi seperti OSIS, berhubungan dengan seni (tari,musik, drama), olahraga (sepakbola, futsal, voli, bulu tangkis), keterampilan (Tata Boga, Tata Busana), Klub Bahasa, IT Klub, PMR, Pramuka, Pencak silat dan lain sebagainya. Masa Sekolah itu hanya kita alami sekali seumur hidup di setiap jenjangnya. Oleh karena itu ikutilah semua kegiatan yang ada di Sekolah, termasuk  ekstrakurikuler. Sebab ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat bagi kita yaitu:

1. Menyalurkan Minat dan Bakat

Setiap orang tentu memiliki minat dan bakatnya masing-masing, dengan mengikuti salah satu ekskul di Sekolahmu maka minat dan bakatmu itu akan tersalurkan.

2. Menambah Pengalaman Baru

Ketika kamu mengikuti salah satu ekskul di Sekolahmu maka kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman baru yang belum pernah kamu dapatkan. Percaya deh pengalaman itu akan sangat bermanfaat bagi kamu dan tidak akan pernah kamu lupakan.

3. Menambah Teman Baru

Ketika kamu menjadi salah satu anggota di sebuah ekskul maka kamu akan bertemu dengan anggota lain dari berbagai kelas dan angkatan, sehingga jumlah temanmu akan bertambah banyak.

4. Melatih Interaksi dengan Sesama Siswa

Ketika kamu mengikuti sebuah kegiatan di ekskul yang kamu ikuti maka kamu akan dilatih untuk berinteraksi dengan mereka, bekerjasama, sharing pengetahunan, dll. Hal itu akan membuatmu menjadi orang yang tidak egois, senantiasa saling support satu sama lain.

5. Mengajarkan Kepemimpinan

Latihan kepemimpinan melalui ekskul akan kamu dapatkan secara tidak langsung, ketika kamu mengemukakan pendapat atau menanggapi di saat kegiatan ekskul berlangsung.

6. Melatih Kepercayaan Diri

Terkadang sebagai seorang siswa kita suka tidak merasa percaya diri di kelas, nah melalui kegiatan ekskul kepercayaan diri itu bisa tumbuh. Terutama apabila kamu menunjukan bakat di ekskul yang kamu ikuti kamu akan diperhitungkan oleh teman-temanmu. Oleh sebab itu kepercayaan dirimu bisa tumbuh dan biasanya kepercayaan diri itu akan terbawa juga saat di kelas.

7. Belajar Sambil Melakukan (Learning By Doing)

Ekstrakurikuler dipenuhi dengan kegiatan yang biasanya langsung dipraktikan, berbeda dengan belajar di kelas yang kebanyakan penuh dengan teori. Sehingga mengikuti eksul akan sangat mengasyikan.

8. Cara Refreshing dari Aktivitas Belajar

Mengikuti ekskul bisa menghindari kejenuhan atas pembelajarn melalui berbagai kegiatan yang ada di dalamnya. Selain itu kadang ekskul juga mengadakan acara keluar untuk akrabisasi antar anggotanya.

Nah bagi kalian yang masih Sekolah, ayo ikutan ekskul ya karena ternyata ekskul itu banyak manfaatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top