Inspirasi

Mengenal Apa Itu Golden Age

GOLDEN AGE

Golden berasal dari bahasa Inggris artinya emas dan Age artinya usia. Jadi secara singkat Golden age bisa diartikan sebagai usia emas. Nah apakah yang dimaksud dengan usia emas itu? Usia emas adalah usia pertumubahan dan perkembangan anak yang berada pada kondisi sangat baik atau bahkan dikatakan gemilang. Usia golden age pada anak yaitu dari usia 0-6 tahun. Pada usia ini seperti telah disebutkan diatas pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun otak anak berada pada masa terbaik. Seperti halnya emas, jika emas ditempa dan dibentuk dengan baik maka hasilnya akan tercipta sebuah emas yang indah. Begitu pula dengan anak jika anak di didik dengan baik maka ketika ia besar kelak ia akan menjadi manusia yang baik pula. Pada masa ini seorang anak akan mudah menyerap informasi, baik itu informasi yang baik maupun informasi yang buruk. Oleh karena itu agar pertumbuhan dan perkembangan anak optimal hendaknya berikan apapun hal positif untuknya dan hindarkanlah pengaruh negatif bagi anak kita.

Hal ini disebabkan segala informasi yang ia serap itu akan mempengaruhi kepribadian, sikap, karakter anak itu sendiri. Dimana ketiga hal di atas akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika sejak kecil ia sudah diberi stimulus positif otomatis karakter, sikap, dan kepribadian baik akan melekat pada dirinya. Dan semua hal itu akan terbawa hingga ia dewasa. Begitu pula jika sebaliknya, ketika ia banyak mendapatkan stimulus negatif maka kemungkinan besar ketika ia dewasa ia akan menjadi anak dengan kepribadian, sikap, dan karakter yang kurang baik.

Maka hendaknya anda sebagai orang tua mengetahui apa-apa saja yang baik dan tidak baik untuk diperlihatkan atau dicontohkan kepada anak anda. Karena anak itu seperti tanaman jika ia diurus dengan baik sejak kecil maka ia akan menghasilkan buah yang manis, tetapi jika ia tidak diurus dengan benar maka tak jarang buahnya akan asam. Nah jika anda tidak ingin menyesal di kemudian hari, maka hendaknya anda tahu cara memaksimalkan masa golden age anak anda. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Gizi

Berilah asupan gizi yang cukup pada anak anda, apalagi pada masa awal pertumbuhannya. Sebab gizi yang cukup akan membuat pertumbuhan dan perkembangan si kecil optimal. Dengan gizi yang cukup pula ia tidak akan mudah sakit.

2. Stimulus

Berikanlah stimulus atau rangsangan yang bersifat positif, misalnya memberikan ia berbagai permainan yang mampu  nenstimulus sistem motoriknya. Seperti menggambar, mewarnai, menyusun puzzle, dll.

3. Perilaku

Berikanlah ia contoh perilaku yang baik, karena seperti kita tahu anak adalah peniru yang sangat baik. Jika anda mencontohkan dan menanamkan perilaku yang baik kepada anak. Maka perilaku tersebut akan tertanam pada diri anak hingga ia besar.

4. Kasih Sayang

Berikanlah anak anda kasih sayang yang cukup, agar ia merasa bahwa ia adalah harta yang paling berharga. Buat ia juga mennyayangi anda, karena dengan kasih sayang anda itu ia akan memiliki patokan dalam berprilaku. Sehingga ia tidak akan membuat anda kecewa.

Nah itulah uraian mengenai apa itu golden age dan cara mengoptimalkan pertumbuhan anak pada masa golden age. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top