Inspirasi

Mengenal apa itu Raudhatul Athfal disingkat RA?

MENGENAL APA ITU RAUDHATU ATHFAL

Jika kita mendengar istilah Raudathul Athfal atau yang biasa disingkat RA mungkin kita tidak merasa asing lagi dengan istilah tersebut. Akan tetapi tidak semua orang tau apa itu RA, apalagi jika penyebutannya Raudathul Athfal mungkin sebagian akan bertanya-tanya itu apa ya. Nah Raudhatul Athfal itu seperti sudah pernah saya jelaskan, merupakan salah satu bagian dari PAUD. Jadi RA ini merupakan salah satu jenis pendidikan formal bagi anak usia dini. Jenjang usia untuk RA ini yaitu 4-6 tahun sama seperti TK. Nah ada beberapa ciri khas dari RA ini sendiri:

  1. Jika kita tahu bahwa lembaga resmi yang menaungi pendidikan itu pada umumnya ada dua yaitu Depdiknas dan Depag. Nah untuk RA ini sendiri tidak dianungi oleh Depdiknas tetapi oleh Depag. Mengapa? Karena RA merupakan pendikan untuk anak usia dini yang bersifat islami, atau menekankan tentang keagamaan.
  2. Oleh karena RA itu bersifat Islami maka otomatis anak-anak atau muridnya pun beragama Islam semua dengan jenjang usia yang telah disebutkan di atas  yaitu 4-6 tahun.
  3. Baju seragam anak-anak yang Sekolah di RA juga merupakn baju seragam yang islami, yaitu bajunya panjang seperti baju muslim.
  4. Pelajaran nya juga jika di RA lebih ditekankan kepada pelajaran keagamaan. Jadi selain belajar tentang pengetahuan umum di RA juga anak akan banyak mempelajari tentang keagamaannya, Jadi RA ini berusaha menyeimbangkan antara pelajaran dunia dan akhirat.
  5. Guru, guru di RA juga merupakan guru-guru yang basik agamanya kuat. Ini dikarenakan selain pengetahuan umum yang mereka ajarkan mereka juga akan mengajar tentang agama, sekalipun pengetahuan umum sebisa mungkin harus dikaitkan dengan pengetahuan keagamaan. Selain itu tentu dari penampilan juga mereka harus islami.

Nah, itulah diantaranya beberapa ciri khas dari RA. Jika anda ingin anak anda lebih dalam pemahaman agamanya. Maka hendaknya anda tanamkan hal tersebut dari sejak ia kecil, nah salah satu tempat yang mampu menunjang anda dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan tersebut adalah melalui RA. Seperti kita tahu apa yang tertanam sejak kecil akan melekat pada diri seseorang hingga dia besar. Jika anak kita sudah memiliki dasar agama yang kuat, maka ketika besar ia nanti menjadi memiliki patokan untuknya dalam berperilaku. Semua perbuatan yang ia lakukan ia akan berusaha untuk tidak melanggar pedoman dalam agamanya. Mengingat faktor keagamaan ini penting di masa sekarang ini untuk menghadapi tantangan zaman, menurut saya RA bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menjadi pilihan anda dalam menerapkan pendidikan agama bagi si kecil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top