Inspirasi

Pilih Melanjutkan ke SMA atau SMK?

SMA atau SMK

Sekolah merupakan salah satu usaha yang dilakukan agar seseorang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mumpuni agar kelak ia bisa diterima di dunia kerja. Sebagai orang tua tentu saja kita ingin agar anak kita Sekolah setinggi mungkin, karena standar di Indonesia menetapkan kualitas pekerjaan yang diterima sesorang ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat pendidikannya. Setelah lulus SMP maka anak anda harus melanjutkan ke SMA. Nah pada saat akan melanjutkan ke jenjang Sekolah lanjutan inilah biasanya anda akan diterpa kebingungan apakah anak anda akan melanjutkan ke SMA atau SMK. Sebenarnya tidak perlu bingung tinggal tanyakan saja pada anaknya apakah ingin melanjutkan ke SMA atau SMK. Namun apabila anak anda masih bingung mau melanjutkan kemana mungkin uraian di bawah ini bisa menjadi referensi apakah anak anda akan melanjutkan ke SMA atau SMK.

1. Kelebihan dan Kekurangan SMA

a. Kelebihan

 Materi Pembelajaran di ajarkan semuanya

Materi pelajaran di SMA itu diajarkan semuanya, mulai dari pengetahuan alam, sosial, bahasa, Pkn, olahraga dan agama sehingga memungkinkan pengetahuan mereka sangat luas.

 Lebih mudah masuk Perguruan Tinggi

Biasanya porsi untuk lulusan SMA ketika masuk perguruan tinggi lebih besar daripada lulusan lainnya. Apalagi untuk jalur SNMPTN jika memiliki nilai bagus dan lulusan SMA biasanya lebih mudah masuk jurusan yang diinginkan.

 Lebih banyak jurusan di Universitas untuk Lulusan SMA

Lulusan SMA biasanya bisa masuk ke jurusan apa saja. Misalnya ke keguruan, hukum, ekonomi, kesehatan, dll.

b. Kekurangan

 Kurang memiliki keseimbangan antara soft skill dan hard skill SMA biasanya kebanyakan lebih fokus mengajarkan materi sehingga ketika lulus biasanya pengetahuannya bagus tapi keterampilannya belum memadai.

 Kurang mampu bersaing langsung di dunia kerja (harus kuliah) Karena belum memiliki keterampilan yang memadai tadi maka agar mampu bersaing di dunia kerja maka umumnya lulusan SMA harus kuliah terlebih dahulu.

2. Kelebihan dan Kekurangan SMK

a. Kelebihan

 Diajarkan softskill dan hardskill SMK biasanya mengajarkan muridnya tidak hanya soft skill (teori) nya saja tapi dibarengi dengan keterampilan hardskill juga. Lebih banyak praktik.

 Diajarkan tentang praktik-praktik sesuai dengan keahlian siswa Di SMK biasanya teori hanya sedikit dan selebihnya praktek, sehingga bagi anak yang tidak suka belajar banyak teori dan lebih senang praktek lebih cocok Sekolah di SMK.

 Lulusannya sudah mampu terjun ke dunia kerja Lulusan dari SMK yang mempunyai soft skill dan hard skill yang bagus  biasanya sudah mampu diterima dunia kerja, dan memang sebenarnya itulah tujuan dari SMK itu sendiri. Menciptakan lulusan yang mampu terjun dan bersaing di dunia kerja.

b. Kekurangan

 Pengetahuan keilmuannya tidak seluas anak SMA Biasanya ketika diadu pengetahuan dengan anak SMA, pengetahuan  mereka di bawah anak SMA. Sehingga mungkin inilah salah satu penyebabnya ketika di perguruan tinggi didominasi oleh lulusan SMA.

 Jika masuk Perguruan tinggi hanya bisa masuk sesuai jurusannya Lulusan SMK biasanya akan sangat susah untuk masuk ke jurusan lain selain jurusannya, dikarenakan mereka tidak menguasai bidangnya dan kalah dengan lulusan dari SMA untuk masuk jurusan tersebut.

Itulah diantaranya beberapa kelebihan dan kekurangan baik dari SMA maupun SMK. Menurut saya kedua-duanya baik tinggal tanya anaknya mau dilanjtkan ke Sekolah mana, dan juga cita-cita nya mau menjadi apa, apakah akan berkuliah atau tidak. Jika lebih suka belajar ilmu pengetahuan dan belum tau nanti mau kuliah jurusan apa mending masuk SMA sambil menentukan  jurusan yang cocok. Kalau suka dengan teknik dan ketika lulus siap kuliah atau bekerja di bidang tersebut silahkan pilih SMK.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top