Inspirasi

Seperti Apakah Guru Profesional Itu?

Guru Profesional

Jika kita mendengar kata guru, pasti terbesit dipikaran kita bahwa guru adalah sosok yang tugas utamanya adalah mengajar. Ya, memang benar salah satu tugas utama guru adalah mengajar, namun selain mengajar, guru juga punya tugas lain yaitu mendidik dan melatih. Nah, dari semua tugas guru tersebut, tugas yang paling berat adalah mendidik, karena mendidik itu harus menanmkan nilai-nilai yang baik dan hasilnya dapat terlihat dari perilaku siswa yang dididiknya tersebut. Maka dari itu menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah ya, karena membuat seseorang mengerti suatu hal sekaligus mempunyai perilaku yang diharapkan masyarakat itu bukan lah sebuah hal yang mudah, diperlukan sebuah profesionalitas untuk melaksanakannya. Lalu seperti apakah guru yang profesional itu? Tentu saja seorang guru harus konsisten dalam melakukan pekerjaanya, sekaligus mengajar dengan sepebuh hati dengan mengandalkan seluruh kemapuannya. Tapi tahukah anda, seorang guru dinyatakan profesional bukan hanya karena itu saja, tetapi guru profesional itu harus memiliki 4 kompetensi. Nah kompetensi apa sajakah itu? Berikut uraian mengenai 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru sehingga ia bisa dinyatakan sebagai guru profesional:

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagodik ialah kompetensi yang harus dimiliki seorang guru berkaitan dengan anak yang ia ajar. Pedagodik sendiri merupakan ilmu untuk medidik anak. Jadi seorang guru hendaknya memiliki dan memahami kompetensi pedagodik ini agar mengatahui karakteristik anak yang akan diajar seperti apa, berikut treatment atau pendidikan yang harus diberikan  kepada anak itu seperti apa.

2. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional ini berkaitan dengan seberapa cakap kemampuan seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari kecakapan mengajar, keluasan pemahaman materi, kemahiran dalam menyelesaikan administrasi, dan lain sebagainya. Selain itu kompetensi ini berkaitan dengan tanggung jawab dan dedikasi seorang guru dalm mengemban tugasnya.

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial ini berkaitan dengan bagaimana kecakapan sosial dari seorang guru. Seperti cara berinteraksi dengan orang lain. Setiap harinya guru akan berinteraksi dengan orang lain terutama muridnya. Selain itu juga ia harus mampu berinteraksi dengan guru yang lain dan Kepala Sekolah sebagai mitra kerjanya. Serta mampu berinteraksi dengan orang tua murid dan juga masyarakat tempat ia mengajar dan tempat ia tinggal. Seorang guru yang profesional harus mampu memiliki kompetensi sosial ini agar ia mampu diterima di lingkungannya.

4. Kompetensi Kepribadian

Guru merupakan sosok yang akan dijadikan teladan oleh anak muridnya, oleh karena itu ia harus memiliki kepribadian yang baik, kepribadian yang patut dijadikan contoh oleh anak muridnya. Kepribadian seorang guru bisa terlihat mulai dari penampilannya, tentu seorang guru harus berpenampilan rapih sehingga dapat dicontoh oleh muridnya. Selain itu juga ia harus memiliki nilai-nilai karakter agar mampu ditanamkan kepada anak didiknya. Guru harus menjadi pribadi yang disenangi oleh murid, teman sejawat, serta masayarakat.

Nah apakah anda sudah termasuk ke dalam guru profesional? Yuu..mulai sekarang kita tingkatkan profesinalitas kita dalam mengajar. Maju terus Pendidikan Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top