Inspirasi

Sudah tahukah Apakah kepribadian Anak Introvert atau Extrovert?

introvert vs extrovert

Setiap hari kita selalu berinteraksi dengan orang lain. Setiap orang yang kita jumpai memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Secara umum kepribadian setiap orang digolongkan menjadi 2 kelompok yakni introvert dan extrovert. Tetapi selain 2 itu ada juga yang ditengahnya yaitu ambivert. Akan tetapi untuk kali ini kita hanya akan membahs dua kepribadian saja, yaitu  introvert dan ekstrovert. Kita mulai ya, introvert merupakan sebuah kepribadian yang identik dengan kesendirian. Orang-orang introvert cenderung dengan pendiam, jarang bicara, suka menyendiri, dan kurang bisa berkomunikasi secara lisan dengan orang lain secara baik. Sedangkan ekstrovert merupakan suatu kepribadian yang dimiliki seseorang yang ditandai dengan kesenangannya untuk berinteraksi dengan orang lain.

Orang introvert bukan berarti tidak berkomunikasi dengan orang lain secara baik, akan tetapi golongan introvert ini tidak terlalu menyukai keramaian. Ataupun berinteraksi dengan orang banyak, biasanya mereka akan berinterakasi dengan baik, dengan orang-orang yang sudah akrab dengan mereka, dan hanya berbicara seperlunya dengan orang-orang yang belum mereka kenal. Orang introvert cenderung lebih suka menyendiri dibandingkan harus berada di tengah keramaian. Tidak sedikit dari orang introvert yang kurang cakap dalam berkomunikasi secara lisan. Namun hal ini tidak buruk, karena orang introvert biasanya mempunyai cara tersendiri untuk mengungkapan ide maupun perasaanya. Biasanya orang yang introvert pandai dalam mengungkapkan kata-kata, sehingga mereka bisa menjadi penulis ataupun komposer lagu. Selain itu banyak juga orang introvert yang pandai mengekspresikan diri melalui gambar, sehingga mereka bisa menjadi komikus ataupun pelukis. Orang introvert juga biasanya hapalannya kuat.

Sekarang kita beralih pada kepribadian ekstrovert, orang ekstrovert biasanya mudah bergaul, terbuka, ramah, dan mudah menyesuaikan diri. Biasanya orang-orang dengan tipe ini, akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang ia tempati. Mereka tidak akan canggung ataupun malu untuk berinteraksi dengan orang lain, dan juga senang menjadi pusat perhatian. Mereka merupakan tipe orang yang akan mudah mengajak ngobrol siapapun orang didekatnya dengan topik apapun. Mereka akan sangat lancar mengemukakan pendapatnya secara lisan. Orang-orang seperti ini cocok untuk bekerja dengan standar pekerjaan yang mengandalkan kemampuan berbicara, bisa announcer, pengacara, guru, MC, dll.

Akan tetapi biasanya orang ekstrovert ini kurang menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis, karena mereka lebih suka menyerukan pendapatnya secara lisan. Itulaha uraian singkat mengenai 2 kepribadian introvert dan ekstrovert, nah setelah membaca tulisan ini termasuk ke dalam kelompok manakah anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top