Inspirasi

Tips Ajarkan Hidup Hemat Pada Anak

TIPS MENGAJARIANAK HEMAT

Anak merupakan harta paling berharga yang Tuhan titipkan kepada kita. Anak akan tumbuh dengan baik jika ia dididik oleh orang tuanya dengan baik pula. Sikap baik tak akan dimiliki oleh anak dengan mudah, oleh karena itu perlu kerja keras dari orang tuanya untuk menanamkan sikap-sikap itu. Penanaman sikap-sikap baik itu akan lebih efektif dan mudah jika  ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu sikap yang harus anda tanamkan kepada anak yakni hemat. Sikap hemat sangat diperlukan di era sekarang ini, karena seperti kita ketahui sumber daya alam sudah tak semelimpah dulu. Jika anak-anak tidak dibiasakan hidup hemat maka generasi-generasi selanjutnya setelah anak kita akan banyak kekurangan berbagai hal dalam hidupnya. Bagaimana cara mengajarkan hidup hemat kepada anak? Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Menggunakan air seperlunya

Anda bisa ajarkan anak anda untuk hidup hemat dengan cara membiasakan ia untuk menggunakan air seperlunya, yaitu mandi dengan menggunakan air sesuai kebutuhan. Soalnya terkadang ketikan anak-anak mandi ia selalu membuang-buang air, dan itu merupakan sebuah pemborosan. Anda bisa memberi tahu bahwa hal itu tidak baik, dan jika ia masih suka memboroskan air anda bisa memberi ia peringatan.

2. Jajan yang diinginkan saja

Biasanya anak anak memang senang sekali jajan, mereka senang jajan apapun tetapi saking banyakanya mereka jajan akhirnya jajanan yang mereka beli tidak termakan. Oleh karena itu anda harus mengajarkan bahwa ia boleh jajan apa yang ia inginkan, akan tetapi sebelum jajanan itu habis ia belum boleh jajan lagi. Mungkin pada awalnya anak bisa menangis dan menyangka  anda  pelit, tapi lama kelamaan ia akan tahu bahwa hal itu bisa menghemat uang jajan dan menghindari apa yang namanya mubazir.

3. Sisihkan uang untuk ditabung

Biasakan anak anda untuk menabung, anda bisa menyediakan ia celengan kecil dengan bentuk yang lucu dan menjadwalkan ia untuk menabung setiap harinya.

4. Gunakan peralatan mandi seperlunya

Biasanya ketika mandi anak suka sekali menghamburkan sabun dan shampoo oleh karena itu biasakanalh ia agar  menggunakan sabun dan shampoo seperlunya. Jika ia menghambur-hamburkannya anda bisa beri ia teguran atau bahkan hukuman dengan tidak menyediakan sabun atau shampoo kesukaannya. Agar ia sadar bahwa dengan penghamburannya  peralatan mandi menjadi habis lebih cepat. Dari sana ia akan berpikir untuk hidup hemat.

5. Beli hal-hal yang dibutuhkan saja

Biasakan untuk mengajarkan anak membeli hal-hal yang ia butuhkan saja, misalnya ia butuh pensil maka belikanlah ia pensil jangan sampai membeli barang lain yang memang masih ada. Karena itu sebuah pemborosan.

6. Matikan listrik ketika sudah tak digunakan

Anda bisa mengajarkan hidup hemat dengan cara meminta anak anda mematikan lampu utama di kamarnya ketika akan tidur dan mengganti dengan lampu tidur, dan juga meminta ia mematikan lampu tidur tersebut ketika bangun. Selain itu anda juga bisa meminta ia mematikan televisi sesudah ia menonton.

7. Biasakan pakai barang sampai habis baru pindah ke barang baru

Untuk hal ini anda bisa mengajarkan ia untuk hemat dengan cara, misalnya anak anda hobi menggambar, maka ia harus  menghabiskan 1 buku gambar hingga habis seluruh halaman baru boleh pindah ke buku gambar baru. Jangan sampai yang satu masih ada sudah pindah ke buku baru.

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membiasakan hidup hemat pada anak. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top