Parenting

14 Situs Belajar untuk Orang Tua tentang Anak-Anak Dalam dan Luar Negeri

Apakah Anda berumur lima tahun maupun 95 tahun, Internet punya berbagai hal untuk menjawab kebutuhan. Apalagi soal jika berbicara soal pendidikan, Internet menawarkan pilihan yang seakan tidak terbatas. Lebih baiknya lagi, ada banyak situs dengan kualitas tinggi yang gratis. Mulai dari pendidikan sekolah, coding, bisnis, hingga desain. Semuanya ada di Internet.

Untuk itu, berikut adalah beberapa situs referensi belajar untuk orang tua yang bisa diakses lewat Internet.

  1. Kelasin.com

Kelasin.com merupakan sebuah situs yang menawarkan platform bagi para orang tua untuk belajar dan menambah pengetahuan. Apalagi menghadapi banyaknya kemajuan di dunia yang global seperti sekarang. Kelasin mengadakan kelas belajar online melalui Internet dengan beragam materi tentang pendidikan anak. Mulai dari cara mengaasuh, cara mempelajari perkembangan anak, sampai memilih daycare hingga tips memilih nanny atau pengasuh.

  1. Parents.com

Parents.com merupakan situs yang kaya akan informasi. Dari perkembangan anak hingga remaja. Pengunjung bisa mendapatkan banyak petunjuk, bantuan mengenai masalah kesehatan, dan beragam video bermanfaat. Tidak hanya itu, tampilan website-nya pun sangat sederhana dan mudah digunakan. Menjadikan mencari informasi bisa dilakukan dengan cepat.

  1. todaysparent.com

Majalah online lainnya yang berisi ilmu bagi orang tua dalah Today’s Parent. Di sini terdapat beragam saran dan tips online. Tidak perlu berlangganan untuk mendapatkan keuntungan dari website ini.

  1. Huggies.com

Tidak perlu membeli produk Huggies untuk membaca bagian “Ibu Menjawab” di situs ini. Dengan categori yang beragam mulai dari kehidupan bayi seperti potty training, situs ini sangat membantu banyak orang tua. Kita bisa memilih pilihan kategori berdasarkan konten seperti artikel, checklist, atau video yang bisa disesuaikan dengan usia anak kita.

  1. pampers.com

Sama seperti Huggies, Pampers.com juga memiliki tips parenting yang sangat membantu. Ada banyak macam masukan dan saran juga di sini. Bedanya, pengunjung tidak diminta untuk memilih artikel yang akan dibaca, tapi dengan mudah memilih area yang sesuai dengan anak. Apakah bayi baru lahir, bayi, atau balita. Kita bisa menemukan banyak artikel bagus mengenai perawatan, perkembangan, asupan makanan, beragam aktivitas dan juga tentang tidurnya sang anak.

Ada juga bagian tanya jawab di mana pengunjung bisa menemukan jawaban dari ahli di dunia kesehatan anak.

  1. TheFamilyConservancy.com

situs ini memiliki misi luar biasa untuk membantu anak dan juga keluarga dengan beragam sumber pendidikan untuk orang tua. Kita bisa melihat beragam tips untuk bayi baru lahir hingga anak berusia 12 tahun. Situs ini diatur sedemikian rupa tampilannya sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari, melihat, dan membaca dengan nyaman informasi tentang orang tua.

Tidak hanya itu, dengan menampilkan informasi dan juga video detail, pengunjung bisa melihat pula buku yang direkomendasikan dan juga mainan untuk anak sesuai dengan usianya. Situs ini cocok untuk orang tua yang ingin belajar mengenai perilaku, perawatan anak, pendidikan, kesehatan, keamanan dan lain sebagainya.

  1. temantakita.com

Situs ini memiliki tiga menu utama di dalamya: Dersik, Wahana, dan Cerah. Dersik berisikan banyak informasi tentang talenta anak yang bisa menjadi proyeksi masa depan anak. Sementara Wahana merupakan kategori dengan banyak informasi mengenai memaksimalkan bakat anak. Yang terakhir Cerah berisi berbagai macam tips untuk mengasah dan mengambangkan bakat anak.

TemantaKita.com memanglah sebuah situs yang fokus pada perkembangan bakat anak. Sehingga, talenta anak bisa dikembangkan dengan maksimal dan anak menjadi lebih baik di kemudian hari. Informasi-informasi di dalamnya merupakan hasil riset dan studi yang memang banyak dilakukan tentang perkembangan anak.

  1. topkids.id

Situs yang memiliki fitur Fun Learning ini membuat anak bisa mencoba berbagai barang kreatif. Sehingga anak bisa belajar sekaligus bermain. Di dalamnya juga terdapat beragam permainan yang penuh dengan nuansa pendidikan. Salah satunya adalah permainan yang mengajarkan anak untuk menabung. Tidak hanya berhenti di sana, TopKids juga memiliki beberapa konten yang lengkap mulai dari fashion, film, musik, dan berbagai referensi buku bacaan untuk orang tua dan juga anak.

  1. berani.id

Menyediakan banyak berita, informasi, dan ilmu untuk anak dan orang tua, situs ini sangat cocok untuk para orang tua yang ingin belajar lebih banyak. Di dalamnya dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari galeri, TV, tokoh, berita, dan juga Your Story.

Situs ini secara inti memberikan pengetahuan umum yang berhubungan dengan orang tua dan juga anak. Sehingga bisa menjadi pilihan lain bagi anak dan orang tua saat berselancar di Internet.

  1. edmodo.com

Edmodo merupakan situs yang menjadi tempat belajar berbasis online atau media sosial untuk guru, murid, dan juga orang tua. Situs ini merupakan program e-learning yang mudah digunakan, efisien, dan juga menyenangkan bagi anak sehingga proses belajar bisa dilakukan dengan lebih baik.

Berbeda dengan situs-situs lain yang sudah disebutkan di atas, Edmodo bukanlah tempat untuk mencari artikel atau tulisan mengenai parenting. Tapi merupakan sarana belajar anak, sehingga orang tua juga bisa ikut belajar dan mengamati perkembangan belajar anak.

  1. khanacademy.org

Bekerja sama dengan banyak sekolah menengah, Khan Academy menawarkan tampilan yang mudah digunakan dan sangat tertata. Di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang bisa dipelajari orang tua, dengan beragam kedalaman subjeknya. Khan Academy juga sangat mudah digunakan dan mudah dipahami oleh pengguna. Membuat penggunanya bisa berfokus pada mempelajari hal, tanpa harus dipusingkan cara memaksimalkan situsnya itu sendiri.

  1. wolframalpha.com

Untuk Anda orang tua yang perlu untuk mempelajari lagi matematika sehingga bisa membantu si kecil belajar, WolframAlpha bisa menjadi tempat untuk belajar. Di sini terdapat bermacam teori dan juga latihan soal mengenai matematika. Mulai dari matematika dasar, kalkulus, aljabar, logika, geometri, sampai matematika lanjutan. Bahkan, terdapat kategori lebih spesifik untuk memudahkan pencarian masalah. Seperti matematika sistem web dan Komputer, keuangan dan perbankan, makanan dan nutrisi, astronomi, sosioekonomi, sampai ritel atau belanja.

  1. duolingo.com

Memasuki usia sekolah, anak akan mulai belajar bahasa kedua atau bahasa asing. Maka dari itu, kita perlu menyiapkan diri dari pertanyaan bahasa asing ketika mereka belajar di rumah. Untuk mempelajari bahasa asing dengan mudah, kita bisa belajar dengann Duolingo. Di sini kita bisa mempelajari beberapa bahasa, seperti Italy, Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, dan bahasa lainnya. Bahkan, tidak hanya berhenti di sana, Duolingo juga memiliki aplikasi Android yang bisa dimanfaatkan. Sehingga menjadikan aktivitas belajar bahasa bersama anak menjadi lebih mudah lagi dari pada belajar di sekolah saja.

  1. kidnesia.com

Merupakan bagian dari grup Kompas Gramedia, situs ini berikan halaman-halaman khusus untuk majalah Bobo, XYKids, Girls, dan Mombi. Tapi, walau menyajikan versi online dari majalah cetak, Kidnesia juga memiliki konten khusus website yang bisa dinikmati. Di sini anak dan juga orang tua bisa belajar bersama mengenai banyak hal. Apalagi ada berbagai informasi mengenai Indonesia dan juga anak-anak. Sehingga tidak hanya anak yang bisa belajar, tapi juga orang tua.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top