Parenting

Agar Anak Semangat Belajar

Agar ANAK semangat belajar

Mengajar bukanlah sesuatu yang mudah. Setiap harinya kita harus menghadapi puluhan anak dengan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk mempertahanakan mood anak agar tetap semangat dalam belajar merupakan PR yang cukup berat bagi seorang guru. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru agar siswa semangat belajar, yaitu:

1. Mulailah dari Diri Sendiri

Mulailah dari diri anda sendiri, ketika anda ingin siswa yang anda ajar semangat dalam belajar maka diri anda harus semangat terlebih dahulu dalam mengajar. Semangat merupakan energi positif dalam diri seseorang yang bisa menular/mempengaruhi orang lain disekitarnya.

2. Penampilan

Sebagai seorang guru penampilan harus anda perhatikan karena ketika anda mengajar di dalam kelas anda akan menjadi pusat perhatian dari seluruh siswa. Berpakainlah yang sopan, rapih, dan menarik agar siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat belajar dengan anda.

3. Teladan

Tunjukanlah sikap teladan yang bisa dicontoh oleh siswa. Sikap-sikap tersebut antara lain berpakaian rapi, datang tepat waktu, bertutur kata yang sopan, ceria dan ramah. Selain itu disela-sela mengajar sisipkanlah motivasi atau kiat-kiat yang bisa menginspirasi siswa, dengan begitu siswa akan terus semangat dalam belajar.

4. Media Pembelajaran

Gunakanlah media pembelajaran yang mampu menunjang materi yang akan disampaikan. Pastikan anda sudah terampil dalam menggunakan media tersebut sekaligus libatkanlah siswa dalam penggunannya. Penggunaan media membantu agar siswa terfokus pada pembelajaran dan semangat dalam belajar karena pembelajarn yang dilakukan tidak teks book.

5. Interaktif

Libatkanlah siswa dalam belajar, jangan hanya anda sendiri yang terus berbicara di dalam kelas. Tetapi fasilitasilah siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat, berdiskusi, menggunakan media, dll.

6. Variasi penyampaian Materi

Gunakanlah metode yang variatif ketika mengajar. Misalnya hari ini menggunakan metode diskusi, besok menggunakan  metode tanya jawab, besoknya lagi menggunakan metode eksperimen dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak jenuh ketika belajar dengan anda sekaligus tetap semangat dan menanti belajar bersama anda.

7. Respon Positif

Berikanlah respon positif ketika ada siswa yang bertanya, menjawab, atau menanggapi. Caranya bisa dengan perkataan seperti “kamu hebat, kamu pintar” atau secara non verbal seperti “mengacungkan jempol, tepuk tangan”. Hal tersebut akan membuat siswa merasa dihargai dan ia akan semangat belajar bersama anda.

8. Reward

Reward/hadiah, pemberian reward sangatlah penting untuk memotivasi anak. Reward bisa berupa pujian, bentuk non-verbal seperti tepuk tangan ataupun benda. Berikanlah reward berupa benda dengan yang sewajarnya agar anak tidak belajar karena ingin dapat hadiah saja.

9. Kasih Sayang

Mengajarlah dengan penuh kasih sayang kepada anak, buatlah anak merasa dicintai oleh anda, dengan begitu ia akan merasa semangat dalam belajar karena telah dicintai oleh gurunya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar siswa tetap semangat dalam belajar. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top