Parenting

Agar Anak Tidak Cengeng

anak cengeng

Buah hati adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga dan didik dengan baik agar kelak ia bisa menjadi manusia yang berguna. Kita tahu bahwa setiap manusia terlahir dengan keunikannya masing-masing. Setiap manusia berbeda satu sama lain, termasuk juga seorang anak. Kita mungkin sering melihat ada anak yang pendiam, penurut, hiperaktif, sedikit nakal, pemarah, dan juga sangat suka menangis atau cengeng. Nah untuk kali ini kita akan membahas mengenai anak cengeng dan bagaimana cara mengtasinya. Anak cengeng biasanya memang sangat mudah untuk menangis oleh alasan yang tidak begitu jelas, atau  malah dianggap sepele. Salah satu penyebab anak cengeng ini biasanya ia terlalu dimanjakan. Sehingga ketika keinginannya tidak terpenuhi ia menggunakan tangisan sebagai senjatanya. Hal ini jika dibiarkan terus menerus tentu saja tidak baik untuk perkembangan anak itu sendiri. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk atasi anak cengeng:

1. Amati

Sebagai orang tua jika anda memiliki anak cengeng maka hendaknya anda amati, kapan saja anak anda tersebut menangis. Faktor apa yang menyebabkan anak anda menangis. Apakah setiap dia ingin sesuatu terus tidak dipenuhi dia akan menangis, ataukah saat bermain dengan temannya dan karena mainannya diambil oleh temannya itu ia langsung menangis. Berapa lama kah ia menangis, apakah dia akan berhenti sendiri ataukah akan langsung mengadu pada anda. Jika anda sudah tahu kapan, dan apa yang menyebabkan ia menangis. Anda akan mudah menentukan cara mengatasinya.

2. Tegas

Salah satu faktor penyebab anak cengeng juga bisa karena anda tidak tegas atau kurang tegas dalam mendidik ia dan juga terlalu memanjakannya. Misalnya saja anda selalu memeberikan apa yang ia inginkan maka sekali saja anda tidak memenuhi keinginnya dia akan menggunakan tangisan sebagai senjata agar anda selalu memenuhi keinginannya itu. Oleh karena itu tegas  lah jangan semua keinginan anak dikabulkan jika tidak terlalu penting, dan hendaknya jangan berikan sesuatu secara cuma-cuma. Jika anak berhasil mencapai suatu keberhasilan barulah beri ia apa yang diinginkan, dan jika belum maka hendaknya jangan dulu memberikannya.

3. Ubah

Jika anak anda sudah terlanjur cengeng maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah hal tersebut. Caranya berikan ia treatment-treatment secara tahap demi tahap untuk mengurangi kecengengannya. Bisa dengan nasihat perlahan seperti ketika anak anda menangis anda bilang “anak ibu jangan suka nagis, anak ibu kan anak hebat, anak hebat gak boleh nangis”. Buatlah ia merasa disayangi sekaligus buatlah ia peka bahwa ketika ia sering menangis dengan alasan sepele  anda tidak suka. Lama kelamaan dia akan mulai untuk tidak cengeng lagi.

4. Bersikap apatis

Mungkin anak anda cengeng karena anda selalu berusaha untuk membuat ia berhenti menangis ketika ia sedang menagis. Malah terkadang ketika anda  berusaha menghentikannya, tangisannya semakin kencang. Oleh karena itu sesekali bersikaplah apatis ketika ia menangis nanti lama kelamaan dia juga akan lelah dengan sendirinya. Dan pada akhirnya tidak akan cengeng lagi karena cengeng juga percuma anda tidak akan menggubrisnya. Mungkin terlihat jahat, tapi untuk mengubah sesuatu yang buruk tentu diperlukan sebuah perjuangan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jika memiliki anak yang cengeng. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top