Parenting

Ajari Anak Belajar Membaca Ketika Sudah Tepat Waktunya

Menurut 10 pakar psikologi kognitif dan neurologist yang diwawancarai today.com belajar membaca hanya bisa dilakukan ketika otak anak sudah cukup berkembang, yg masing2 anak bisa berbeda usia kematangannya. Namun jika ingin mengambil statistik, rata2 usia 4 tahun beberapa anak sudah dapat mengenali huruf dan mengidentifikasinya dg baik. Pendapat ilmuwan berbeda2 soal ini, Dokter Kazt dari Oxford University berpendapat usia 5th. Sementara Judith Hudson berpendapat usia 2 th beberapa anak sudah dapat mengenali huruf dan kemampuan identifikasi huruf makin besar ketika usianya 4 atau 5 tahun.

Beragamnya pendapat ilmuwan ini menandakan adanya range perbedaan kematangan otak pd anak. Sebagian ada yg 2 tahun (prosentase sangat kecil), tapi sebagian besar usia 4 atau 5 tahun dg prosentase 96%.

Jadi agar tak salah langkah, Anda harus dapat mengukur kesiapan anak Anda dan tunda dulu belajarnya jika ditemukan tanda sbb:

1. Anak tidak dapat mengenali pola warna muda dan tua.
2. Tidak berminat melihat huruf dan suka mengalihkan perhatian.
3. Mudah sekali melupakan huruf yg baru dipelajarinya ketika dia sudah hafal, besoknya lupa lagi.
4. Terlihat berfikir keras ketika mengingat huruf.
5. Dll.

Hentikan belajar jika tanda di atas ditemukan dan lanjutkan belajar jika anak terlihat enjoy dan bahkan kecanduan.

Menurut pakar psikologi kognitif, David Ausubel, seseorang yg telah siap berarti telah memiliki kematangan dalam belajar, yg ditandai dg kepekaannya dalam merespon dan memberi penjabaran terhadap suatu materi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top