Parenting

Apa Itu Kindergaten School?

apa-itu-kindergaten
Apa Itu Kindergaten School?

Apa Itu Kindergaten School?

Seperti kita tahu bahwa jenjang dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) itu bermacam-macam jenisnya, diantaranya ada PAUD, TK, play group, Raudathul Athfal, dan Kindergarten School. Lalu apakah Kindergaten School itu sendiri? Kindergarten merupakan sekolah bagi anak usia dini sebelum anak tersebut memasuki TK. Kindergarten ini ditujukan bagi anak-anak yang belum menginjak bangku Sekolah dengan tujuan agar membuka kecerdasan anak, sehingga ia siap ketika memasuki bangku persekolahan. Kindergarten ini sifatnya tidak wajib tapi bisa menjadi pilihan anda sebagai orang tua agar kecerdasan anak anda lebih terbuka. Terutama bagi anda orang tua yang sibuk bekerja dan kurang bisa memeberikan kegiatan yang mampu menstimulus kemampuan berpikir anak pada masa awal golden age.
Kindergarten ini diprakarsai oleh seorang Tokoh Pendidikan Jerman bernama Friedrich Wilhelm August Frobel yang lahir pada 21 April 1782. Kindergarten berasal dari kata “Kinder” = anak-anak dan “Garten” = taman. Frobel menganggap bahwa anak-anak sama seperti benih bunga yang membutuhkan perawatan dan perhatian agar bisa tumbuh dengan baik. Dari sanaalh ia membuat sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama “Kindergarten”. Kindergarten yang didirikan Frobel memiliki area belajar sambil bermain dengan tujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan dan keterampilan motorik anak. Selain bermain kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh anak-anak di Kindergarten ialah menyanyi, menari, mendengarkan dongeng, dll. Biasanya anak yang masuk Kindergarten adalah anak yang sudah berusia 3 tahun. Kindergarten ini sudah mulai banyak di Indonesia, untuk pendaftarannya ada yang harus langsung ke Sekolah ataupun diunduh dari situs Kindergarten itu sendiri. Kemudian nanti ada persyaratan yang harus diisi atau disertakan, anda tinggal memenuhi apa yang pihak Kindergarten minta. Setiap Kindergarten memiliki sistem yang berbeda-beda, tapi pada umumnya Sekolah berlangsung dari senin sampai jumat mulai jam 08.00 sampai jam 13.00. Anak yang Sekolah di Kindergarten biasanya di antar dan dijemput, dimana daftar orang yang boleh mengantar dan menjemput itu sudah dituliskan saat pertama kali mendaftar Kindergarten.

Pada umumnya dari jam 08.00 sampai 10.00 anak-anak bermain di dalam ruangan, dimana dalam ruangan tersebut tersedia berbagai jenis permainan seperti lego, balok kayu, mobil-mobilan, kereta api, puzzle, kereta api, boneka, dll. Selain itu anak bisa juga menggambar, melukis, membuat kerajianan, bermain masak-masakan ataupun bermain jula-jualan. Setelah waktu bermain di dalam ruangan selesai anak-anak akan diminta untuk membereskan mainannya dan menempatkannya dalam posisi semula. Kemudian berkumpul dan bernyanyi bersama, setelah itu mencuci tangan dan mengambil makanan atau bekal untuk dimakan bersama. Dan seperti tadi bekas makan mereka harus dirapihkan kembali. Setelah itu mereka diperbolehkan untuk bermain di luar ruangan. Lama bermain di luar ruangan bagi setiap anak berbeda tergantung pada cuaca ataupun karena ada kegiatan lain seperti jalan jalan dan bermain bersama. Setelah selesai mereka akan berkumpul lagi untuk bernyanyi bersama. Bernyanyinya bisa dilakukan sekaligus sambil bermain musik. Setelah itu barulah ank-anak pulang dan menunggu di jemput oleh orang tuanya.
Kalau melihat dari kegiatan yang dilakukan oleh-anak- anak di Kindergarten ternyata menyenangkan sekali ya. Mereka benar benar belajar sambil bermain, sehingga kognitif dan motorik anak terasah. Bagaimana tertarikah anda untuk memasukan anak anda ke Kindergarten? Semoga menjadi referensi bagi anda yang kebigungan ingin memasukan anak anda kemana di usia mereka yang masihdini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top