Parenting

Bagaimana memilih sekolah yang bagus untuk Anak

memilih sekolah untuk anak

 

Memilih sekolah yang bagus dan berkualitas untuk anak kita memang bukan perkara yang mudah saat ini. Karena begitu banyak hal yang harus di pertimbangkan seperti lokasi sekolah, lingkungan, cara mengajar gurunya sampai dengan sosial ekonomi status atau uang yang harus dikeluarkan, dan masih banyak lagi pertimbangan yang harus dipikirkan. Hal itu semua tidak lain agar anak kita bisa mendapatkan pendidikan yang bagus dan berkualitas sehingga di masa depan mereka bisa bersaing di dunia yang sebenarnya. Tapi hal-hal seperti ini jangan terlalu membuat Anda stress dalam memilih sekolah, berikut ini beberapa tips sederhana sebagai langkah pertima dalam memilih sekolah yang bagus untuk Anak.
1. Cari sekolah yang berada disekitar tempat Anda tinggal melalui Internet. Sekarang ini internet menjadi salah satu sumber referensi untuk mencari segala informasi termasuk tentang sekolah, Anda bisa cari sekolahnya kemudian bisa melihat website dari sekolah tersebut. Carilah informasi sekolah tersebut seperti:
a. Akreditasi sekolah, berapa nilai akreditasi untuk sekolah ini.
b. Guru-guru, cari tahu apakah qualifikasi guru yang mengajar di sekolah tersebut sangat baik.
c. Lulusan, lihat profile siswa lulusan dai sekolah tersebut.

2. Pertimbangkan kebutuhan Anak. Perimbangkan sekolah yang akan dipilih dengan kebutuhan anak kita. Apakah disekolah tersebut terdapat program yang sesuai dengan minat dan bakat anak? dan hal-hal lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anak seperti ekstrakurikuler dan program-program sekolah lainnya.

3. Bertanya pada masyarakat disekitar lingkungan sekolah. Cara ini merupakan hal yang paling simpel yang bisa dilakukan yaitu datang ke lingkungan yang dekat dengan sekolah lalu tanyakan kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan dekat sekolah tentang kebiasan siswa sekolah tersebut. Ini bisa menjadi gambaran akan seperti apa Anak anda jika sekolah disana.

4. Datang ke sekolah bersama Anak, luangkan waktu bersama Anak Anda untuk berkunjung ke sekolah yang hendak menjadi sekolah Anak Anda. Ajak Anak Anda keliling sekolah dan merasakan lingkungan sekolahnya, lalu tanyakan apakah mereka senang berada disekolah tersebut atau tidak.

Dan yang terpenting adalah diskusikan segala sesuatunya dengan Anak anda. Apakah mereka mau sekolah ditempat yang Anda pilihkan. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top