Parenting

cara mengajar anak membaca

mengajari anak membaca

Usia anak-anak adalah waktu dimana mereka dengan mudah untuk menyerap segala informasi. Oleh karena itu membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus diajarkan sejak dini. Namun, banyak orang tua yang masih kesulitan dalam mengajari anak membaca dikarenakan kebanyakan anak-anak akan sulit fokus dalam mengenal huruf-huruf saat diajari. Berikut ini tips cara mengajar anak membaca dengan langkah-langkah yang sederhana namun menarik untuk anak-anak:

1. Membacakan suatu cerita pada anak.
Kegiatan ini bisa dilakukan menjelang sesaat anak ingin tidur, baik itu tidur siang atau tidur dimalam hari. Bacakan sebuah cerita kepada anak, pada langkah ini hail yang diharapkan adalah anak dapat mendengarkan dan menyerap informasi serta mengetahui makna kata per kata dan kalimat yang diucapkan oleh orangtua. Saat membacakan cerita ajak anak untuk berinteraksi.

2. Expresikan setiap yang Anda bacakan.
Expresi saat bercerita dapat meningkatkan minat anak mendengarkan cerita. Gunakan ekspresi yang mewakili setiap kata yang diucapkan agar anak semakin tertarik memperhatikan dan pada akhirnya anak akan mengerti maksud dari perkataan.

3. Tunjukan setiap huruf yang dibacakan
Sambil bercerita, perlihatkan anak pada buku yang Anda bacakan, lalu tunjuk kata-per-kata yang Anda bacakan agar anak melihat tulisan dan huruf-hurufnya. Walaupun anak Anda belum tahu huruf, hal ini akan melatih anak untuk mengingat setiap hurufnya. Tunjukan kata-kata yang sering digunakan sehari-hari. Misal: Mamah, Papah, Kakak, Adik, dsb.

4. Berinteraksi saat membacakan cerita
Lakukan interaksi dengan anak ketika membacakan cerita. Bentuk interaksi bisa berupa tanya jawab, berhenti membacakan ditengah-tengah cerita, lalu tanyakan apakah anak mengerti maksud yang diceritakan atau apakah dia fokus terhadap apa yang diceritakan? Hal ini dapat melatih pemahaman anak ketika membaca dan mendengarkan.

5. Berikan buku yang dibaca kepada Anak.
Berikan buku yang Anda bacakan kepada anak agar mereka mengeksplorasinya sendiri. Dengan ini anak akan mencari-cari cerita yang dibacakan.

Langkah-langkah diatas selain dapat mengajari anak dalam mengenal cara membaca juga akan menjalin keakraban antara orang tua dan anak sehingga anak akan merasa sangat disayangi oleh orangtuanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top