Parenting

Cara Mengatasi Anak Introvert

ANAK INTROVERT

Introvert merupakan suatu kepribadian yang dimiliki seseorang, dimana biasanya orang tersebut terlihat pendiam, suka menyendiri, dan kurang bisa untuk menyampaikan pendapa secara lisan. Sebagai orang tua atau sebagai guru biasanya ketika anda menjumpai anak dengan kepribadian seperti itu akan merasa ahawatir. Kekhawatiran ini disebabkan karena anda pasti takut jika putra putri anda memiliki ciri-ciri di atas nantinya mereka akan anti sosial dan tidak mau bergabung dengan orang lain. Oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi agar introvert yang dimiliki anak anda tidak mengarah kepada siakap anti sosial. Berikut ini beberapa cara tersebut:

1. Selalu Ajak ia berinteraksi

Seperti telah dijelaskan di aats bahwa introvert lebih senang menyendiri dibandingkan berada di tengah keramaian. Agar hal ini tidak berlarut-larut dan menjadikannya anti sosial maka adakanlah interaksi dengannya sesering mungkin. Mungkin respon yang anda dapatkan hanya berupa respon singkat, tetapi itu bukan masalah yang penting secara tidak langsung anda sudah melatih dirinya untuk terus berinteraksi dengan orang lain. Lama kelamaan jumlah kata yang anak lontarkan akan semakin panjang seiring intensnya interaksi yang sering di lakukan.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Anak introvert bisa memang bawaan dari kecil tapi kadang juga ada yang dimiliki seseorang karena faktor tertentu. Misalnya memang tidak pernah diberi kesempatan berbicara oleh orang tua, teman, ataupun gurunya. Oleh karena itu jika anak atau siswa anda tidak memiliki kepercayaan diri yang baik biusa jadi andalah penyebanya. Maka dari itu mulailah untuk  membangun kepercayaan dirinya, cukup dengan berikan ia kasih sayang, motivasi dan juga perhatian. Sampaikanlah bahwa “ibu/bapa disini nak, dan selalu siap mendukungmu”.

3. Arahkan Pada Hobi

Anak introvert memang tidak banyak bicara, akan tetapi mereka biasanya memiliki suatu hobi yang mewakili pengungkapan dirinya. Oleh karena itu kenalilah hobinya baik itu menulis, menggambar, menari, dll. Dukunglah ia dan fasilitasi ia untuk melaksanakn hobi tersebut. Dan tanyalah bagaimana perasaan ia ketika telah melakukan hal yang berkaitan dengan hobinya. Sependiam apapun orang jika ditanya menganai hal yang ia suka maka ia kan  mengungkapkannya dengan senang hati. Melalui cara ini mereka dilatih sedikit demi sedikit untuk berbicara dengan baik.

4. Fasilitasi untuk berbicara

Jika di Sekolah maka guru bisa meminta siswa yang introvert untuk mengajukan pertamyaan, menjawab pertanyaan, atau mempresentasikan sesuatu. Biasanya mereka tidak akan mengajukan diri secara langsung, maka disini gurulah yang harus menunjuknya. Kebiasaan ini lama kelamaan akan menyebakan siswa tidak malu lagi berbicara di depan umum.

5. Percayakan kepada teman

Salah satu faktor yang mempengaruhi sikap atau kepribadian seseorang adalah teman sebaya. Oleh karena itu mintalah anda kepada temannya yang bersifat ektrovert untuk selalu mengajaknya interaksi. Biarkan ia berteman dengan orang ekstrovert agar ia sedikit demi sedikit mampu berinteraksi dengan baik.

6. Nyaman dan dihargai

Buatlah ia merasa nyaman dan dihargai sehingga ia tidak akan ragu untuk mengungkapkan apa yang ada di pikirannya.

itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi anak yang introvert. Introvert tidaklah buruk asalakan kita tahu bagaimana cara mengarahkannya dan menjauhkannya dari sikap anti sosial.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top