Parenting

Cara Mengatasi Anak Nakal

CARA MENGATASI Anak nakal

Setiap orang tua pasti mendambakan kehadiran anak dalam rumah tangganya. Ketika sebuah keluarga dikaruniai seorang anak maka tugas berat berada dipundak suami istri tersebut. Setiap orang tua pasti mendambakan seorang anak yang baik dan penurut. Akan tetapi tak jarang dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan anak yang nakal. Mengurus anak itu  memerlukan kesabaran ekstra, apalagi jika anak yang kita urus itu anak yang cukup nakal. Sebenarnya tidak ada anak yang nakal, anak nakal ini ada karena ada faktor penyebabnya. Bisa karena lingkungan, kurang kasih sayang, dll. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan apabila anda memiliki anak yang bisa dikatakan cukup nakal:

1. Tanya dan ketahui faktor penyebabnya

Jika anak anda sudah bukan balita anda bisa bertanya secara langsung kenapa ia berperilaku seperti itu, tentu saja bertanyanya dilakukan dengan selembut mungkin ya. Tapi jika anak anda masih balita anda bisa menyeledikinya sendiri, biasanya anak kecil nakal itu bisa disebabkan karena ada kebutuhannya yang tidak terpenuhi. Misalnya anda terlalu sibuk sehingga ia merasa kurang kasih sayang, pola asuh yang salah misalnya terlalu dimanjakan, terlalu dikekang, faktor lain seperti tayangan televisi ataupun orang dewasa selain anda yang sehari-hari berinteraksi dengannya. Kenalilah penyebabnya untuk kemudian anda menjauhkan anak anda dari faktor pemicu tersebut.

2. Tetapkan peraturan yang tegas

Tetapkanlah peraturan di rumah yang tegas, dan lihatlah apakah anak anda mematuhinya atau tidak. Ketika anak anda tidak melaksanakan peraturan tersebut, maka berikanlah ia konsekuensi. Jangan sampai ketika anak melanggar anda membiarkannya karena kasihan. Hal ini akan membuat ia melunjak. Selain itu peraturan ini jangan sampai mengekang, karena bisa jadi kekangan ini lah yang menyebabkan anak nakal.

3. Berikan ia tanggung jawab

Berikanlah ia tanggung jawab yang ringan sesuai dengan usianya, misalnya untuk membereskan mainan setelah ia bermain. Ketika ia mampu melaksanankannya berarti kenakalannya semakin berkurang.

4. Berikan hukuman yang edukatif

Ketika ia melanggar peraturan yang ditetapkan berilah ia hukuman. Tetapi hukuman disini hukuman yang edukatif ya, misalnya kamu harus hafal lagu Satu Nusa Satu Bangsa ya karena telah melanggar ini, atau kamu harus menghafalkan doa sebelum makan, dll.

5. Ajak ia melakukan hal-hal yang bermanfaat

Anak nakal bisa terjadi juga karena ia kesepian, dan kenakalannya disebabkan ia ingin mendapat perhatian dari orang lain. Oleh karena itu ajaklah ia melakukan hal yang bermanfaat, misalnya menyiram tanaman, merawat bunga, memasak dll.

6. Fasilitasi ia untuk melakukan hal-hal yang ia sukai

Kenalilah hobi anak anda, misalnya ia suka menggambar maka berilah ia buku gambar dan pensil warana dengan begitu ia akan fokus pada hobinya dan tidak melakukan kenakalannya.

7. Perlakukan ia dengan penuh kasih sayang

Anak nakal juga terkadang karena ia ingin mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Mungkin karena orang tuanya terlalu sibuk. Oleh karena itu berilah ia kasih sayang, nasehati ia perlahan, beritahulah ia bahwa apa yang ia lakukan salah. Sampaikanlah bahwa anada begitu menyayanginya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak nakal. Kalau menurut saya sih, intinya tetapkan cara mendidik yang baik sejak dini. Juga jangan biarkan anak anda kekurangan kasih sayang. Karena ketika ia sudah merasakan kasih sayang anda, dia tidak akan berbuat hal-hal yang bisa mengecewakan anda, apalgi berprilaku nakal. Tentu mereka tidak akan melakukannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top