Parenting

Cara Mudah Mengajarkan Anak Menulis

mengajari anak menulis

Buah hati adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Ketika umur buah hati sudah menginjak usia sekolah (5-6) tahun maka ia sudah bisa diajari menulis. Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak menulis:

1. Berikan Stimulus (Rangsangan)

Berikanlah rangsangan pada buah hati anda agar ia tertarik untuk menulis. Salah satu rangsangan yang bisa diberikan yakni mengenalkan anak pada huruf dan angka, pengenalan bisa melalui buku abjad khusus untuk anak, bisa melalui poster abjad, dll.

2. Susun Program

Agar lebih terstruktur tentukan berapa lama waktu anak anda belajar menulis setiap harinya. Tentukan pula dalam setiap hari itu target apa yang hendak dicapai. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu serius, 20-30 menit cukup untuk anak usia 5-6 tahun.

3. Kenalkan Buku & Pensil

Ketika anak anda sudah menyenangi bentuk-bentuk tulisan, selanjutnya anda berikan ia kertas/buku dan juga pensil. Biarkan anak mengeksplor kemampuannya, sekalipun yang dibuat oleh anak bukan huruf melainkan masih bentuk-bentuk yang tidak jelas.

4. Ajarkan Cara Memegang Pensil yang Benar

Ketika anak anda menggunakan pensil untuk menulis, amatilah bagaimana cara ia memegangnya. Jika masih salah memegang pensil maka segeralah anda ajari buah hati anda untuk memegang pensil dengan benar.

5. Latihan Kelenturan

Setelah anak anda mampu memegang pensil dengan benar, selanjutnya berikanlah ia latihan kelenturan. Salah satu contohnya yaitu berilah ia kertas kemudian minta ia membuat garis vertikal, horizontal secara berluang-ulang di dalam kertas tersebut.

6. Deskripsikan Huruf kedalam Kata-kata

Tahap ke 6 ini sangat membantu terutama bagi anak-anak yang butuh pendeskripsian lebih dalam mengerjakan sesuatu. Contoh Pendeskripsian huruf ke dalam tulisan itu seperti huruf “a” melengkung dikasih perut, "i" tarik garis dari atas ke bawah diberi titik.

7. Menulis di udara

Mintalah anak untuk menuliskan huruf di udara mengenai huruf-huruf yang telah ia pelajari.

8. Menebalkan Huruf

Setelah anak mampu menulis di udara, langkah selanjutnya yakni beri ia buku/ latihan untuk menebalkan huruf.

9. Menulis Huruf Secara Mandiri

Ketika anak sudah mahir menebalkan maka berilah ia latihan selanjutnya yang merupakan tahap paling penting, yaitu menulis huruf. Jangan dibantu tapi biarkan ia menunjukan sejauh mana kemampua ia menulis.

10. Lakukan dengan Menyenangkan

Seperti kita tahu dunia anak adalah dunia bermain, oleh karena itu meskipun sedang belajar ciptakanlah susana yang menyenangkan agar anak anda tidak terbebani tapi malah termotivasi.

Demikianlah cara-cara mudah atau tahapan dalam rangka mengajarkan anak anda menulis. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top