Parenting

Ini Alasan Kenapa Anak Harus Mengerjakan PR

Pentingkah anak mengerjakan PR

Pekerjaan Rumah atau PR merupakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan oleh seorang pelajar di rumah. Jika ada yang bertanya apakah mengerjakan PR untuk anak itu penting? Anda sebagai orang tua maka harus menjawab ya, sangat penting. Jangan sampai anda malah menganggap PR merupakan beban bagi anak anda, di Sekolah belajar di rumah masa harus belajar lagi. Anggapan tersebut sangat tidak logis sekali, mau tahu kenapa? Di bawah ini diuraikan beberapa alasan mengapa mengerjakan PR untuk anak itu penting:

1. Mengulang Kembali

Ketika anak mengerjakan PR berarti ia sedang mengulang kembali apa yang telah ia pelajari di Sekolah. Pengulangan ini sangat baik dalam membantu pemahaman dan meningkatkan daya ingat siswa terhadap apa yang telah ia pelajari.

2. Melatih Motorik Halus

Saat anak anda mengerjakan PR tentu ia akan menggunakan penglihatan, otak, tangan dan anggota tubuh lain yang menunjang untuk mengerjakan PR tersebut. Aktivitas yang melibatkan kerja anggota tubuh, alat indera, dan otak tersebut akan membantu melatih motorik halus anak agar terasah dan terampil dalam berbagai hal.

3. Mengukur Sejauh Mana Kemampuan Anak

PR bisa menjadi alat ukur kemampuan anak. Jika seorang anak mampu mengerjakan PR tanpa meminta bantuan kepada kita selaku orang tua, maka bisa dikatakan bahwa ia telah memiliki kemampuan belajar dengan baik. Apabila masih bertanya dan memerlukan bantuan berarti kemampuan ia dalam belajarnya belum terlalu baik.

4. Melatih Tanggung Jawab

Pemberian PR merupakan pemberian tanggung jawab kepada siswa. Jika ia mengerjakan PR di rumah maka ia sudah memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. Jika belum maka biasakanlah ia untuk mengerjakan PR. Hal-hal baik itu harus ditanamkan sejak kecil.

5. Memecahkan Masalah

Selain sebagai sarana penanaman rasa tanggung jawab PR juga merupakan sarana untuk melatih anak agar terampil dalam memecahkan masalah. Masalah-masalah itu ia dapat dari soal-soal pada PR yang gurunya berikan. Jika ia sudah terampil memecahkan masalah dari PR yang ia dapat maka kelak ketika dewasa ia akan terampil memecahkan masalah hidupnya.

6. Sarana Memperdalam Pemahaman Terhadap Suatu Materi

Ketika anak mengerjakan PR otomatis ia akan membuka catatan mengenai apa saja yang telah dipelajari di Sekolah. Nah secara tidak langsung dari proses membuka/membaca kembali itu ia akan berusaha memahami kembali materi yang telah diajarkan agar dapat menjawab PR yang diberikan.

7. Sarana Komunikasi antara anak dan orang tua

Bagi anda yang memiliki buah hati masih berada di TK atau SD temanilah ia ketika mengerjakan PR, terutama jika anda seorang yang sibuk bekerja. Sisihkanlah waktu ntuk menemani anak anda , anda bisa bertanya mengenai apa saja yang dia lakukan di Sekolah, meski tidak lama ia akan merasa senang dan termotivasi untuk belajar.

Itulah beberapa alasan yang menyebabakan mengerjakan PR untuk anak itu penting. Sebagai orang tua, tanyakanlah kepada anak apakah ia memiliki PR atau tidak, jika punya maka mintalah ia mengerjakannya ya dan apabila perlu temanilah ia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top