Inspirasi

Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini

MANFAAT bermain

Usia 0-5 tahun merupakan masa keemasan dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Pada masa ini biasanya seorang anak sangat aktif sekali bergerak. Rasa ingin tahu mereka juga rata-rata sangat tinggi. Belum lagi pada masa ini mereka senang sekali bermain seakan tidak memiliki rasa lelah sama sekali. Malahan kita yang terkadang merasa lelah melihat mereka yang selalu hilir mudik kesana kemari. Terkadang pula kita mencegah mereka bermain agar tidak terlalu lelah ataupun takut mencelakakan diri mereka sendiri. Tapi tahukah anda bermain bagi anak usia dini sangat bagus karena memiliki  beberapa manfaat bagi pertumbuhan anak itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat bermain bagi anak usia dini:

1. Mengasah motorik

Ketika anak bermain maka otomatis tubuhnya akan bergerak. Baik itu gerakan yang kompleks seperti berjalan, berlari, duduk, menendang ataupun cukup menggerakan tangan saja. Gerakan-gerkan seperti berjalan, berlari, duduk, dan menendang sangat bagus untuk melatih sarap motorik anak, khususnya sarap motorik kasar. Sedangkan gerakan tangan yang berkoordinasi dengan mata seperti menyusun puzzle bagus untuk mengasuh sarap motorik halus anak.

2. Melatih Koordinasi

Bermain juga bisa melatih koordinasi. Contohnya yakni sepak bola, ketika anak bermain sepak bola maka koordinasi tangan, kaki, dan matanya ia gunakan. Kemudian puzzle, puzzle ini memerlukan koordinasi tangan dan mata. Semakin sering anak bermain permainan yang bermanfaat semakin bagus pula sistem koordinasi tubuhnya.

3. Melatih Kreatifitas

Permainan yang bisa menumbuhkan kreatifitas kepada anak antara lain lego, puzzle, membuat rumah-rumahan, dll.

4. Melatih daya imajinasi

Ketika bermain daya imajinasi anak juga akan terlatih. Misalnya anak bermain Barbie, maka ia akan berimajinasi tentang bagaimana Barbie itu menjalani kehidupannya. Sperti makan, tidur, pergi ke suatu tempat hingga baju yang digunakan. Atau untuk ank laki-laki biasanya bermain mobil-mobilan ketika bermain mobil-mobilan tersebut mereka biasanya menggunakan  daya imajinasi mereka untuk menentukan rute yang mereka lewati ketika berkendara.

5. Mengenalkan anak dengan lingkungan sekitar

Anak bisa bermain di mana saja. Ketika anak anda bermain di luar rumah berarti anda sudah mengenalkan anak dengan lingkungan sekitar tempat ia tinggal. Hal ini sangat bagus dilakukan agar ia merasa nyaman dengan lingkungannya.

6. Mengajarkan Bersosialisai

Seorang anak pasti senang jika bermain ditemani oleh orang lain. Oleh karena itu biarkanlah anak anda bermain dengan temannya. Sebab hal ini bagus dalam membantu anak untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ketika bermain dengan temannya maka ia akan berkomunikasi dengan anak terseut. Proses komunikasi inilah yang akan membantu siswa lama  kelamaan pandai bersosialisasi dengan orang lain.

7. Melatih Kepercayaan Diri

Melalui bermain kepercayaan diri siswa juga akan bertambah. Contohnya ketika anak bermain bola dan ia berhasil mencetak gol maka ia akan bangga pada dirinya dan lama kelaamaan ia akan menikmati bermain bola itu. Kepercayaan diri yang awalnya anak peroleh ketika bermain bola lama kelamaan akan merembet pada kepercyaan dirinya dalam melakukan setiap aktifitas.

Itulah beberapa manfaat bermain bagi anak usia dini. Ayo ajak buah hati anda melakukan berbagai permainan yang  bermanfaat untuk dirinya ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top