Parenting

Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak

pd anak

Jika anda termasuk ke dalam orang yang sering berinteraksi dengan anak-anak. Maka tak jarang anda akan menemukan anak yang bisa berkomunikasi dengan baik seperti lancar dalam mengemukakan pendapat dan juga yang kurang bisa berkomunikasi dengan baik dan malu-malu atau bahkan tidak berani untuk berbicara di hadapan orang lain. Masalah yang menyebabkan hal ini terjadi yakni kepercayan diri. Biasanya anak yang tidak berani untuk mengemukakan pendapatnya memiliki kepercayaan diri yang rendah sedangkan anak yang berani mengemukakan pendapatnya memiliki kepercayaan diri tinggi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kepercayaan diri seorang anak rendah, diantaranya tidak terbiasa berpendapat, kurang dihargai, ataupun kurang motivasi. Oleh karena itu beberapa hal di bawah ini bisa anda lakukan untuk membangun  kepercayaan diri pada anak dengan kepercayaan diri rendah:

1. Dekati, beri perhatian

Ketika anak kurang percaya diri maka dekatilah ia, berilah ia perhatian paling tidak buatlah ia mau berbicara dengan anda dan tidak sungkan dengan anda. Dengan begitu anda akan mengetahui kenapa ia kurang percaya diri dan bisa menemukan cara mengatasinya.

2. Beri dia Rangsangan (Tanya)

Ketika anak kurang percaya diri maka pancinglah ia dengan sebuah petanyaan, ketika ia diberi sebuah pertanyaan maka mau tidak mau ia akan mengemukakan pendapatnya.

3. Motivasi

Berilah motivasi agar ia percaya diri bisa dengan cara nasihat, permintaan secara langsung melalui kata-kata, ataupun dengan sentuhan seperti memberi tepukan di pundak.

4. Jangan menghakimi

Ketika seorang anak mengemukakan pendapat dan pendapatnya kurang tepat maka janganlah anda menjudgment bahwa pernyataan tersebut kurang tepat dengan cara yang kasar. Karena hal tersebut bisa membuat down mental anak dan ia tidak akan percaya diri lagi.

5. Dengarkan

Ketika anak berpendapat maka dengarkanlah bahkan kalau bisa berilah tanggapan, agar ia merasa senang dan termotivasi untuk lebih percaya diri lagi dalam mengemukakan pendapat. Semakin sering ia mengemukakan pendapat semakin tinggi pula rasa percaya dirinya.

6. Buat anak merasa diakui

Buatlah setiap anak diakui jangan pilih kasih, karena dengan keberadaannya diakui ia akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

7. Latihan

Latihlah anak untuk meningkatkan kepercayaan dirinya, misalnya untuk mengajukan pertanyaaan, menjawab pertanyaaan, menjelaskan suatu hal, ataupun berpidato.

8. Reward

Reward berguna sebagai apresiasi terhadap kepercayaan diri anak, reward juga bisa mendorong anak untuk percaya diri dalam berbagai hal agar ia mendapatkan reward lagi. Mendapatkan reward merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang anak.

9. Nyaman

Buatlah ia nyaman dengan anda dan juga lingkungannya, agar ia memiliki kepercayaan diri untuk mengeksperisikan dirinya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diripada seorang anak. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top