Parenting

Memilih Gaya Belajar Untuk Anak

Memilih Gaya belajar Anak

Seperti kita tahu ada tiga gaya belajar yang mungkin dimiliki oleh seorang anak, yaitu Visual, Auditori, dan Kinestetik. Setiap anak biasanya memiliki satu kecenderungan gaya belajar, entah itu visual, auditori, ataupun kinestetik. Setelah anda mengetahui gaya belajar yang anak anda miliki, maka segeralah cari gaya belajar yang cocok untuk anak anda tersebut. Berikut ini referensi beberapa gaya belajar yang dirasa cocok untuk gaya belajar anak dengan kecenderunagn visual, auditori, dan kinestetik.

1. Visual

Beberapa gaya belajar yang bisa anda terapkan untuk anak bergaya belajar visual antara lain:

a. Berilah gambar atau benda konkrit, hal ini ditujukan agar mereka lebih mudah menyerap informasi.

b. Gunakan tayangan slide atau gambar dua dimensi.

c. Jika pembelajaran berhubungan dengan alam, hendaknya bawa anak secara langsung ke alam tersebut. Agar anak bisa memvisualisasikan dan menyerap informasi dari lingkungan alam yang mereka lihat.

d. Demonstrasi, demonstrasikanlah apa yang anda suruh dihadapan anak bergaya belajar visual karena mereka tidak akan bekerja dengan baik hanya melalui perintah lisan.

e. Buku Ilustrasi, berilah buku yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi dan tidak terlalu banyak tulisan kepada anak dengan gaya belajar visual agar mereka berminat untuk membaca.

2. Auditori

Adapun gaya belajar yang cocok dengan anak anak bergaya belajar auditori, antara lain:

a. Jelaskanlah suatu materi dengan suara yang lantang, detail, dan syarat akan  makna .

b. Diskusi, berilah kesempatan pada anak bergaya belajar auditori untuk berdiskusi. Karena pada saat diskusi mereka bisa mengungkapkan gagasan dengan baik.

c. Komunikasi langsung, Anak dengan gaya belajar auditori harus diberikan komunikasi langsung saat mengerjakan tugas, tidak bisa hanya lewat tulisan saja.

d. Musik, biasanya anak auditori bisa belajar dengan cepat bila diiringi dengan musik.

e. Rekaman, mereka bukan pengingat yang baik jika hanya dengan melihat. Oleh karena itu biarkanlah mereka merekam suatu hal yang menarik untuk mereka pelajari.

3. Kinestetik

Adapun gaya belajar yang cocok dengan anak bergaya belajar kinestetik, antara lain:

a. Bawa jalan-jalan, anak-anak dengan gaya belajar kinestetik akan senang jika mereka tidak belajar di dalam kelas dan hanya duduk di kursi. Oleh karena itu bawalah mereka jalan-jalan, bisa ke taman Sekolah, sungai, sawah, karya wisata dan tempat lain yang ada di sekitar Sekolah.

b. Beri dia kebebasan bergerak, artinya jangan batasi ia untuk duduk tapi biarkanlah ia untuk bergerak. Oleh karena itu  gunakanlah metode pembelajaran yang memungkinkan anak bergerak jangan metode konvensional yang mengharuskan anak duduk diam dan mendengarkan.

c. Iringi dengan musik, dengan pembelajaran diiringi musik kemungkinan terbesar mereka hanya akan bergerak sesuai dengan irama musik tanpa mondar mandir kesana kemari. Jadi pembelajaran akan lebih efektif.

d. Beri kesempatan mereka mengeksplor, baik itu mengeksplor lingkungan ataupun berbagai kegiatan seni dan juga olahraga sesuai minat mereka.

Nah itulah beberapa gaya belajar yang cocok untuk anak bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Kenalilah apa gaya belajar yang anak anda miliki dan pilihlah alternatif gaya belajar yang dirasa paling cocok untuk anak anda. Andapun bisa memvariasikan penggunaan gaya belajar di atas agar tidak monoton.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top