Parenting

Memilih SMP Untuk Anak

Lakukan hal ini ketika hendak memilih SMP untuk

Memiliki seorang anak merupakan keinginan setiap pasangan yang telah berumah tangga. Ketika berniat memiliki seorang anak hendakanya anda sudah siap secara fisik, mental, maupun finansial. Sebab seorang anak perlu mendapat kasih sayang, sandang, pangan, dan papan yang cukup. Selain itu ia juga harus mendapat pendidikan yang layak, karena dengan pendidikan anak anda akan memiliki pola pikir yang berkembang dan jauh lebih maju. Sehingga kelak ketika ia dewasa ia akan menjadi orang yang sukses, hidup berkecukupan, dan berguna bagi dirinya, beserta masyarakat di sekitarnya. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh buah hati anda hingga ia bisa mencapai kesuksesan. Antara lain TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Setelah lulus SD 6 tahun lamanya, anak anda harus bersekolah di SMP terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA dan perguruan tinggi. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar tidak salah memilih SMP untuk buah hati anda:

1. Sesuaikan dengan minat dan bakat anak anda

Apabila anak anda memiliki bakat di bidang tertentu seperti musik, tari,dll maka akan lebih baik jika ank anda di Sekolahkan ke SMP yang memfasilitasi bakat anak anda itu. Bahkan akan lebih baik jika di sekolahkan ke Sekolah khusus baik menyanyi atau menari. Selain jika ingin memperdalam agama anda bisa menyekolahkan anak anda ke pesantren.

2. Tanyakan apakah anak anda memiliki Sekolah Impian

Sebelum memutuskan anak anda akan Sekolah di SMP mana, alangkah lebih baiknya jika anda bertanya terlebih dahulu apakah anak anda sudah memiliki SMP impian atau belum. Jika sudah maka tinjaulah SMP tersebut bagus atau tidak dan tanya alasan anak anda ingin bersekolah disana. Jadilah orang tua yang demokratis.

3. Disesuaikan dengan biaya

Sekarang ini biaya Sekolah untuk SD, SMP, dan SMA Negeri sudah gratis. Apabila biaya anda hanya sedikit maka Sekolahkan lah anak anda ke Sekolah negeri. Tapi jika biaya yang anda miliki besar tidak ada salahnya anda menyekolahkan anak anda ke Sekolah swasta dengan akreditasi yang bagus.

4. Akreditasi Sekolah

Lihatlah Akreditasi/nilai Sekolahnya. Jika sudah berakreditasi A atau B maka sekolah tersebut sudah bagus dan memiliki fasilitas yang menunjang.

5. Lokasi Sekolah

Tinjaulah lokasi Sekolahnya apakah tidak terlalu jauh dengan rumah anda dan apakah strategis untuk tempat belajar atau tidak.

6. Kualitas Pendidik

Bagus tidaknya suatu Sekolah salah satu faktor penentunya adalah pendidik. Kualitas Pendidik dapat dilihat dari cara ia mengajar, cara ia betinteraksi dengan murid, cara ia bertutur kata, dll.

Itulah diantaranya beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memilih SMP untuk anak anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top