Parenting

Mengenalkan angka dan berhitung pada anak-anak

mengenalkan angka

Berhitung dan angka merupakan 2 hal yang sangat dibutuhkan pada kehidupan sehari-hari. Semua aspek yang kita jalan pasti memerlukan kemampuan ini. Oleh karena itu kemampuan ini menjadi kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang agar dalam menjalani keseharian menjadi lebih mudah. Untuk itu setiap anak harus diajarkan mengenal angka dan berhitung sejak dini agar mereka mudah dikemudian harinya. Dibawah ini adalah langkah-langkah mengenalkan angka dan berhitung pada anak-anak dengan dua metode.
Metode pertama: Mengajarkan konsep berhitung.

1. Mengingat angka
Ajarkan anak untuk mulai mengingat dari angka 1 sampai dengan 10. Kebanyakan anak akan mudah mengingat angka dengan cara diajarkan dengan sambil bernyanyi atau setidaknya menyebutkannya dengan nada-nada nyanyian. Lalukan hal ini setiap ada kesempatan untuk mengajarkannya. Misalnya pada saat anak menghitung jumlah mainannya.

2. Mengenalkan angka
Yang dimaksud mengenalkan angka adalah pada langkah ini perlihatkan bentuk angkanya pada anak yaitu bisa dengan memperlihatkan tulisan di buku-buku atau dengan menggunakan flashcard. Tunjukan angka sambil diucapkan dan ajak ank mengikutinya.

3. Interaksi dengan angka
Setelah anak diperlihatkan bentuk angkanya, pada langkah selanjutnya adalah ajari anak mulai menulisnya di kertas. Cukup ajari anak menulis angka 1 dan 2 saja. Lakukan hal ini bertahap agar anak tidak terlalu terbebani. Coba untuk tidak mengajari menulis angka yang baru sebelum mereka bisa dan hafal cara menulis angkanya.

4. Menggambarkan angka
Kebanyakan anak belajar dengan visualisasi mereka. Akan lebih baik jika anak dapat diperlihatkan contoh berhitung. Ada lagu bagus yang biasa kita dengar sejak kecil pun yang liriknya seperti ini:

“Dua mata saya,
Hidung saya satu.
Dua kaki saya,
Pakai sepatu baru.

Dua telinga saya,
Yang kiri dan kanan.
Satu mulut saya,
Tidak berhenti makan! ”

Sambil dinyanyikan, sambil ditunjuk mata, hidung, dan seterusnya.

5. Urutan angka
Setelah hafal dan mengerti cara menulisnya. Ingatkan kembali pada anak bahwa urutan angka tidak bisa dirubah. Dalam berhitung harus tetap beruuratan yaitu 1 sampai dengan 10.

6. Praktik berhitung
Setelah mengenalkan angka, mari kita prakti berhitung, langkah ini bisa dengan cara melempar dadu, dan belajar menghitung jumlah titik dadunya. Atau bisa juga dengan benda-benda disekitar seperti jumlah sofa, bantal, gelas dsb.

7. Berhitung acak.
Apabila anak sudah mulai menguasi menyebut dan menulis angka. Pada tahap ini bisa dicoba agar anak untuk berhitung acak. Bisa dilakukan dengan menghitung mundur.

Untuk mengenalkan angka pada anak akan lebih baik jika orangtua mencontohkannya langsung. Dan metode selanjutnya adalah Memperkuat kemampuan berhitung. Semoga dapat membantu Anda dalam mengajari anak.

.

1 Comment

1 Comment

  1. Marissa

    19th April 2016 at 5:25 am

    terimakasih atas tipsnya 🙂 coba akan saya praktikan pada anak saya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top