Parenting

Orangtua Jangan Lakukan Hal ini Di Hadapan Anak

Orangtua Jangan Lakukan Ini

Seperti kita tahu anak adalah peniru yang baik. Ingatan atau memori seorang anak ketika ia masih berusia dini akan lebih kuat/tajam jika dibandingkan dengan kita yang sudah dewasa. Seorang anak yang dididik dan diperlakukan dengan baik ketika ia masih kecil maka kelak ketika ia dewasa ia akan menjadi anak yang baik pula. Baik itu perilaku, sikap, maupun tutur katanya. Agar seorang anak memiliki ketiga hal tersebut maka hendaknya anda sebagai orang tua harus memperhatikan pertumbuhan fisik dan psikisnya sejak dari ia kecil. Mungkin untuk pertumbuhan fisik itu mudah karena hal tersebut terlihat dengan mata, misalnya ketika ia luka atau ia merasakan ada bagian tubuhnya yang sakit anda bisa mencari  tahu penyebab sekaligus solusinya. Akan tetapi untuk psikis agak sulit terlihat biasanya perlu pengamatan berulang-ulang agar anda mengetahui kondisi psikis atau kejiwaan seorang anak. Apakah dalam keadaan baik atau tidak.

Taukah anda ternyata salah satu penyebab seorang anak berperilaku tidak baik adalah karena di dalam memori ia saat ia kecil tertanam sikap-sikap buruk orangtuanya yang sering ia saksikan. Oleh karena itu anda sebagai orang tua hendaknya jangan menunjukkan sikap-sikap berikut ini di hadapan anak, karena sikap berikut ini akan mempengaruhi psikis kemudian tertanam dalam jiwa anak dan itu tidak bagus bagi pertumbuhan dan perkembangannya:

1. Bertengkar

Dalam kehidupan rumah tangga pasti ada saja perselisihan diantara sepasang suami istri yang menyebabkan pertengkaran. Hendaknya pertengkaran tersebut jangan anda tunjukan di hadapan anak, karena jika sering ia melihat pertengkaran antara orang tuanya akan tertanam di memorinya bagaimana tidak harmonisnya keluarganya dan itu akan menjadi beban tersendiri bagi anak.

2. Merokok

Bagi anda yang punya kebiasaan merokok, hendaknya jangan tunjukan hal tersebut di depan anak. Karena hal tersebut tidak baik bagi pernapasan anak sekaligus bisa menimbulkan kepenasaranan dalam diri anak. Sehingga ia ingin mencoba, dan lama-lama bisa menjadi kebiasaan buruk yang tidak bisa dihindari. Ketika ia dilarang mungkin anak akan menjawab ayah/ibu juga merokok kenapa saya tidak boleh. Dan kalau sudah seperti itu akan susah melarangnya.

3. Membentak

Ketika kita lepas kontrol terkadang kita suka membentak pada objek yang membuat kita kesal. Biasanya ketika kita bertengkar dengan pasangan kita, satu sama lain dari kita akan saling membentak. Ataupun ketika kita kesal kepada anak kita, kita terkadang lepas kendali dan membentak mereka. Nah sebaiknya hal ini dihindari karena ternyata bentakan tersebut akan tertanam dalam memori anak. Dan bisa saja hal itu mempengaruhi psiskisnya dan ia memendam rasa syok sekaligus sakit hati karena bentakan tersebut. Lebih parahnya ketika ia marahan dengan temannya ia akan meniru perilaku anda tersebut dan membentak temannya. Tentu hal tersebut tidak anda inginkan kan?

4. Mendumel

Nah mendumel juga merupakan salah satu sikap yang jangan anda tunjukan dihadapan anak, karena nanti bisa saja mendumel ini akan ditiru oleh anak anda ketika ia tidak senang dalam mengerjakan sesuatu. Mendumel ini mnegakibatkan sesorang tidak ikhlas dalam bekerja dan perkataanya itu menjadi ngawur.

5. Berkata Kasar/ Kotor

Ketika kita sedang dikuasai emosi mungkin saja kita tidak bisa mengendalikan ucapan kita sehingga keluarlah kata-kata kotor ataupun kasar dari mulut kita. Hendaknya jika anda emosi sebisa mungkin tetap jaga ucapan anda atau pergi sebentar ke tempat yang tidak ada anak anda untuk menenangkan diri, ataupun mengeluarkan semua unek-unek anda. Jangan samapi ditunjukan di hadapan anak takutnya ia akan meniru ucapan-ucapan yang tidak layak tersebut.

6. Melakukan Kekerasan

Bagi anda yang mohon maaf sedikit tempramen hendaknya jangan lakukan kekerasan dihadapan anak anda ataupun anda melakukan kekerasan terhadapnya. Karena hal tersebut akan menyebabkna luka dan syok tersendiri di dalam jiwa anak anda. Bisa jadi setelah melihat kekerasan tersebut ia menjadi trauma atau ia menjadi tempramen juga seperti anda.

Nah itulah beberapa perilaku yang jangan anda tunjukkan dihadapan anak anda karena bisa mengakibatkan gangguan psikis dalam diri anak yang menyebabkan ia tidak tumbuh dengan baik bahkan berperilaku tidak baik pula. Tunjukanlah senantiasa perilaku positif pada anak anda agar ia bisa tumbuh dengan menerapkan perilaku-perilaku baik yang telah anda tunjukkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top