Parenting

Pengaruh televisi terhadap perilaku anak

pengaruh-televeisi

Semakin berkembang zaman maka semakin cangggih pula teknologi yang dihasilkan dan makin banyak pula pengaruh televisi. Mungkin dahulu Televisi merupakan salah satu media audio visual yang cukup mahal sehingga tidak semua orang memilikinya. Tetapi di abad 21 ini Televisi sudah menjadi kebutuhan primer, hampir di setiap rumah di seluruh dunia sudah memiliki Televisi. Mulai dari yang bentuknya masih tabung hingga yang sudah LCD. Tak hanya bentuk, Televisi pun mengalami perkembangan dalam segi tayangan dan juga jumlah stasiun Televisi yang mengadakan siaran. Untuk di Indonesia sendiri sekarang ini sudah banyak sekali stasiun Telvisi yang mengadakan siaran baik itu berita, acara musik, hiburan, sinetron, kartun, dll. Televisi merupakan salah satu media yang multi fungsi, bisa sebagai sarana hiburan, pengetahuan, pendidikan, dll. Oleh karena itu hampir setiap hari jika ada waktu luang maka setiap orang akan menyempatkan waktu untuk menonton Televisi, tidak terkecuali anak-anak. Nah, jika anda amati semakin kesini tayangan Televisi bisa dikatakan banyak menyajikan tayangan kurang mendidik bagi anak-anak. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus melakukan pengawasan terhadap apa yang anak tonton. Karena ternyata Televisi memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perilaku seorang anak. Tayangan Televisi memiliki 2 pengaruh:

1. Pengaruh positif terhadap perilaku anak, diantaranya:

a. Ketika anak menonton petualangan yang dilakukan oleh anak-anak, ia bisa menjadi terpicu untuk menjadi seorang petulang juga. Sisi positifnya bisa dilihat bahwa anak-anak yang melakukan petualangan tersebut bukan anak manja dan mereka pembernai. Dengan menonton tayangan tersebut anak-anak akan lebih termotivasi untuk pemberani juga.

b. Ketika anak menonton acara yang MC nya anak kecil ia bisa termotivasi jga untuk menjadi seorang MC dan akan mulai berlatih untuk melakukannya.

c. Ketika anak menonton acara tentang pengetahuan, maka pengetahuannya akan lebih luas dan ia akan terpancing untuk lebih sering belajar untuk mengobati rasa penasarannya terhadap apa yang ditayangkan di televisi tersebut.

d. Ketika anak menonton acara yang menayangkan anak-anak kecil dengan berbagai kemampuannya seperti menyanyi, menari, mereka bisa termotivasi untuk bisa menyanyi dan menari juga. Sehingga mereka akan berlatih untuk mewujudkannya.

e. Ketika anak menonton acara yang menayangkan anak-anak yang hafidz quran, mereka bisa termotivasi untuk lebih sering mengaji dan menghafalkan alqur’an.

2. Pengaruh negatif terhadap perilaku anak, diantaranya:

a. Ketika anak menonton tayangan televisi yang ada bertarungnya, mereka bisa mengikuti hal tersebut dan melakukannya secara bersungguh-sungguh padahal yang disajikan di Televisi itu bohongan.

b. Ketika anak menonton tayangan sinetron yang bahasanya kurang baik, ia bisa mengikuti bahasa tersebut.

c. Ketika anak menonton tayangan sineton yang anak-anaknya masih kecil sudah pacaran, ia juga bisa melakukan hal tersebut. Dan kita tahu tentu hal tersebut kurang baik bagi seorang anak, karena takut melakukan hal yang tidak-tidak.

d. Dari tayangan sinetron ia juga bisa memiliki perilaku hidup yang konsumtif, tidak menghormati orang tua, meminta barang yang tidak sesuai kemampuan orang tua, bahkan gaya pakaian pun bisa mengikuti apa yang ditayangkan padahal itu belum tentu baik.

e. Lebih parahnya dari tayangan televisi ia bisa kecanduan pada acara tertentu dan melupakan aktifitas lain yang lebih bermanfaat.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh tayangan televisi terhadap perilaku anak itu cukup besar. Tayangan apa yang sering ia tonton maka sedikit banyaknya perilaku yang ia tunjukan dalam kehidupan sehari-hari adalah berdasarkan tayangan tersebut. Maka hendaknya anda sebagai orang tua harus mengawasi tayangan apa yang anak tonton. Kalau bisa anda membatasi berapa lama ia menonton setiap harinya juga. Hal itu bertujuan agar memfilter tayangan-tayangan yang kurang baik yang mampu menggangu perkembangann psikis dan mempengaruhi perilaku anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top