Parenting

Pentingnya Tanamkan Nilai Religius Sejak Dini

anak-religius

Jika anda pernah mendengar istilah bambu yang dibiarkan bengkok maka ketika sudah besarpuan akan tetap tumbuh dengan bengkok pula. Begitu pula dengan seorang anak, jika sedari kecil ia kurang mendapatkan pendidikan yang baik maka ketika besar pun ia akan tumbuh menjadi anak yang berperilaku kurang baik pula. Hal ini dikarenakan ia kurang memiliki pedoman mana perilaku yang baik dan mana perilaku yang buruk. Oleh karena itu perlu ditanamkan nilai-nilai yang mampu mendidik anak kita sejak dini. Salah satu nilai tersebut adalah nilai religius. Nilai religius bisa dikatakan sebagai nilai yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sebelum nilai-nilai lainnya. Mengapa nilai religius sangat penting untuk ditanamkan pada anak sejak dini? Berikut alasannya:

1. Pedoman dalam berprilaku

Ketika seorang anak diajarkan mengenai agamanya, maka ia juga akan belajar tentang kitab suci yang ada di dalam agamanya tersebut. Nah didalam kitab suci tersebut, misalnya saja Al-Quran terdapat pedoman hidup bagi umat manusia. Dimana umat yang menuruti pedoman dalam Al-Quran maka akan selamat di dunia dan akhirat. Jadi ketika anak sudah ditanamkan nilai religius kita sebagai orang tua bisa sedikit lebih tenang karena ia sudah memiliki pedoman dalam berprilaku yang sangat mendasar yang harus diyakini oleh setiap manusia.

2. Mengenalkan anak siapa Tuhannya

Dengan penanaman nilai religius anak sedikit demi sedikit diperkenalkan kepada Tuhannya. Mereka diberi pengertian bahwa merek atidak ada dengan sendirinya melainkan mereka dan semua yang ada di dunia itu diciptkan oleh Allah swt. Sehingga segala perilaku mereka di dunia tidak boleh melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Allah yang berada dalam kitab suci. Diharapkan dengan penanaman nilai religius ini mereka menjadi mengenal dan mencintai Tuhannya.

3. Sarana penanaman akhlak

Dengan penanamn nilai religius akhlak anak akan terbentuk menjadi akhlakul kharimah (akhlak yang baik), karena tentu saja ia akan memiliki akhlak sesuai yang ada di Al-qur’an atau kitab suci lain. Selain itu mereka juga akan mencontoh akhlak yang dimiliki oleh para nabi dan rasul.

4. Takut untuk berprilaku buruk

Ketika seorang anak sudah ditanamkan nilai religius maka ia akan mengetahui mana perilaku yang baik dan mana perilaku yang buruk. Dengan ia memiliki nilai religius yang tinggi ia akan takut untuk bernuat buruk karena ia tahu itu melnaggar peratutran Tuhannya dan itu adalah dosa.

5. Tidak mudah terjerumus ke dalam hal-hal negatif

Pergaulan di zaman sekarang ini memang sudah sangat bebas. Oleh karena itu jika seseorang tidak memiliki pondasi dan filter yang baik ia akan mudah terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Dengan penanaman nilai religius seorang anak tidak akan mudah terjerumus ke hal-hal negatif dikarenakan ia telah memiliki pedoman hidup yang kuat dan ia meyakini hal tersebut.

Nah bagi anda para orang tua, jangan lupakan untuk menanamkan nilai religius kepada anak anda ya. Karena seperti kita tahu pondasi yang kuat akan menentukan kokohnya suatu bangunan. Begitu pula dengan seorang anak pondasi nilai religius yang kuat akan menetukan akhlak dan perilaku seorang anak ketika ia dewasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top