Parenting

Perlukah Anak Masuk PAUD

paud

Anak adalah harta paling berharga yang kita miliki di dunia ini. Sebagai orang tua tentu saja kita ingin apapun yang terbaik untuk anak kita, termasuk dalam hal pendidikannya. Lalu sejak kapankah anak harus mendapat Pendidikan secara formal? Nanti saja ketika ia berumur 6-7 tahun di SD? atau dimulai dari ia berumur 3 tahun dan di masukan ke PAUD? Jawabannya adalah anak semestinya sudah mendapat Pendidikan sejak ia kecil. Oleh karena itu masuk PAUD perlu bagi anak. Mengapa? Di bawah ini diuraikan beberapa alasan mengapa masuk PAUD perlu untuk anak:

1. Memberi Stimulus Perkembangan Otak

Biasanya di PAUD itu anak diajarkan menyanyi, menggambar, mewarnai, permainan, dll. Hal tersebut mampu menstimulus perkembangan otak anak dan memicu ia untuk terus termotivasi mengetahui pengetahuan-pengetahuan baru.

2. Mengajarkan Kerjasama

Ketika anak Sekolah di PAUD maka sewaktu-waktu gurunya akan memberi tugas kelompok kepada mereka. Hal ini sangat baik untuk melatih kerja sama, saling membantu dalam memecahkan masalah.

3. Mendapat Pengetahuan Baru

Di PAUD biasanya guru juga akan mendongeng atau menceritakan hal-hal yang menarik dan bermanfaat. Anak juga akan diberi berbagai keterampilan yang membuatnya kaya akan berbagai pengetahuan baru.

4. Mengajarkan Budaya Senang Sekolah

Jika anak anda dimasukkan ke PAUD yang mengharuskan ia datang hampir setiap hari dan ia mendapat berbagai pengalaman menyenangkan disana. Maka ketika ia masuk SD ia tidak akan malas dan malah akan senang Sekolah.

5. Melatih Kedisiplinan

PAUD biasanya masuk jam 8 pagi, dengan begitu anak dilatih kedisiplinannya dengan cara ia harus bangun pagi agar tidak terlambat ke Sekolah.

6. Melatih Keberanian

Ketika di PAUD biasanya guru akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang menstimulus anak agar berani menjawab, meminta siswa bernyanyi, dll. Kegiatan-kegiatan tersebut secara disadari atupun tidak merupakan sutu proses untuk melatih keberanian siswa.

7. Menanamkan Karakter dan Sikap yang Baik Sejak Dini

Di PAUD biasanya anak diajarkan do’a do,a dalam kehidupan sehari-hari, cerita-cerita yang mengandung nasihat, cara berbuat baik kepada teman, guru, dan orang tua melalui lagu, dll. Hal tersebut sangat bagus untuk penanaman karakter dan sikap untuk anak.

Nah itulah alasan mengapa masuk PAUD itu penting. Ayo yang punya balita masukanlah anak anda itu ke PAUD dekat rumah anda, agar perkembangan otaknya sudah terstimulus sejak kecil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top