Pelajaran

Rangkuman Materi Pelajaran IPS Kelas 5 SD

Rangkuman Materi Pelajaran IPS Kelas 5 SD – Bab 5 Kegiatan Ekonomi

Pada bab ini siswa akan belajar tentang berbagai kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia dengan tujuan agar siswa mampu mengetahui jenis usaha perekonomian dalam masyarakat, menyebutkan contoh kegiatannya, memberikan contoh cara menghargainya dan menyebutkan contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Perinciannya sebagai berikut:

A. Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi

Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi dibedakan menjadi:

1. Jenis-jenis Usaha Perekonomian dalam Masyarakat, meliputi:

a. Bidang Pertanian, kegiatan pertanian umumnya dilakukan di Sawah (padi, palawija, tanaman holtikultura) dan di Perkebunan (teh, tembakau, karet, kopi, kelapa sawit, coklat, cengkeh).

b. Peternakan, peternakan merupakan usaha budi daya hewan. Hewan yang dibudidayakan biasanya sapi, kerbau, ataupun ayam.

c. Bidang Industri, berdasarkan jenis produk yang dihasilkan bidang industri dibedakan menjadi:

1) Industri Barang

Industri barang merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contohnya pakain, sepatu, mobil, motor, pupuk, obat-obatan.

2) Industri Jasa

Industri jasa merupakan kegiatan ekonomi dengan pelayanan yang diberikan berupa jasa. Contohnya jasa transportasi (bus, kereta, penerbangan), jasa yang membantu proses produksi (bank dan pergudangan), dan jasa langsung pada konsumen (asuransi, penjahit, pengacara).

d. Bidang Perdagangan, perdagangan merupakan kegiatan mengumpulkan dan menyalurkan barang-barang hasil produksi pada konsumen. Contohnya, pasar, pertokoan, supermarket, dan ekspor impor.

e. Bidang Ekstraktif, merupakan usaha untuk memperoleh benda-benda yang tersedia di alam. Contohnya, pertambangan, penangkapan ikan.

2. Jenis Usaha yang Dikelola Sendiri dan Kelompok. Jenis usaha ini terdiri atas:

a. Usaha Perseorangan

Usaha perseorangan adalah kegiatan yang diusahakan, dimiliki, dan dipimpin oleh seseorang. Contohnya, Perusahaan Sepatu Cibaduyut di Bandung, dan industri kulit di Sukaregang Garut.

b. Usaha Kelompok

Usaha kelompok merupakan usaha gabungan antara beberapa orang. Usaha kelompok terbagi menjadi:

1) Persekutuan Firma (Fa), Firma adalah perkumpulan dua orang atau

lebih untuk mendirikan suatu perusahaan, dimana semua anggotanya terlibat aktif dalam perusahaan tersebut. Contohnya, perusahaan konveksi dan percetakan sablon.

2) Persekutuan Komanditer (CV). Yaitu persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mendirikan suatu perusahaan, teridiri atas sekutu pasif dan sekutu pasif. Contohnya, usaha di bidang bangunan gedung.

3) Perseroan Terbatas (PT), persekutuan dua orang atau lebih untuk mendirikan perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Contohnya, PT Kalbe Farma.

4) Koperasi, badan usaha yang beranggotakan perseorangan atau badan hukum yang kegiatannya berdasarkan atas asas kekeluargaan. Dibedakan menjadi koperasi produksi, konsumsi, simpan pinjam, dan jasa.

3. Cara Menghargai setiap Orang dalam Berusaha

a. Memberi kesempatan orang lain untuk melakukan usaha

b. Mengakui dengan jujur tentang hasil usaha yang telah dilakukannya

c. Memberi motivasi untuk .memperbaiki dan mengembangkan usaha.

B, Kegiatan Ekonomi di Indonesia

1. Kegiatan Produksi, kegiatan menghasilkan barang atau meningkatkan manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan. Terdiri atas produksi industri, agraris, perdagangan, ekstratif, dan jasa.

2. Kegiatan Distribusi, kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Orang yang menyalurkannya disebut distributor.

3. Kegiatan Konsumsi, kegiatan manusia untuk menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya, makan, membeli pakaian, dll.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top