Tips Belajar

3 Manfaat Memberi Reward (Penghargaan) Terhadap Anak

pengaruh reward

Reward bisa diartikan sebagai sebuah penghargaan atau apresiasi yang diberikan seseorang kepada orang lain atas keberhasilan orang tersebut dalam mengerjakan suatu hal. Misalnya saja seorang anak diberi reward oleh orang tuanya karena ia berhasil menjadi juara kelas. Seorang guru memberikan muridnya sebuah reward karena ia berhasil mengerjakan ulangan dengan nilai sempurna. Reward ini dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai hadiah. Seperti telah dijelaskan di atas hadiah ini biasanya diberikan ketika seseorang berhasil mencapai sebuah prestasi. Siapapun bisa memberikan reward untuk menghargai prestasi seseorang dan siapapun bisa menerima reward atas prestasi yang ia raih. Tahukah anda jika anda sekarang berperan sebagai orang tua ataupun guru hendaknya anda juga sesekali memberikan reward kepada anak atau siswa siswi anda. Mau tahu apa alasannya? Berikut ini diuraikan apa saja pengaruh reward sehingga presatsi belajar anak anda menjadi lebih baik:

1. Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Ketika seorang anak mendapatkan reward dari orang tua ataupun gurunya maka otomatis dia akan semakin termotivasi untuk semakin giat belajar dan mempertahankan prestasinya itu. Bagi anak yang belum berprestasi pun sama mereka bisa menjadi termotivasi untuk semakin giat belajar agar menjadi berprestasi dan mendapat reward seperti temannya yang berprestasi. Bisa jadi dengan reward ini anak yang tadinya malas sekali belajar menjadi lebih giat karena ia juga ingin mendapat reward seperti anak lainnya. Berarti dari contoh di atas reward bisa menjadi motivasi eksternal yang mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Semakin tinggi motivasi anak dalam belajar semakin mungkin anak tersebut untuk berprestasi.

2. Meningkatkan Jiwa Kompetitif Anak

Melalui pemberian reward juga jiwa kompetitif atau jiwa saing seorang anak akan meningkat. Jika anak sudah memiliki prestasi yang baik otomatis ia akan belajar lebih giat agar tetap bisa mempertahankan prestasinya. Sehingga posisinya itu tidak digeser oleh anak yang lain. Selain itu bagi anak yang belum memiliki prestasi maka ia juga akan belajar lebih giat agar bisa berprestasi seperti temannya yang lain.

3. Penghargaan Terhadap Diri Anak

Melalui pemberian reward tentu saja anak akan merasa gembira. Selain itu ia juga akan merasa dihargai, belajar yang ia lakukan dengan tekun dan penuh perjuangan mendapatkan sebuah penghargaan. Memang dengan ia mendapatkan sebuah prestasipun anak pasti sudah senang akan tetapi dengan reward ini menjadi sebuah bukti nyata dan sebuah apresiasi atas apa yang telah anak capai. Berkat penghargaan inilah semangat anak untuk terus belajar akan semakin terpacu.

Reward yang anda berikan kepada anak bisa berupa apa saja, mulai dari hal-hal kecil hingga yang cukup istimewa. Anda bisa memberikan anak alat tulis sesuai dengan motif atau tokoh kartun kesukaan anak, tas, sepatu, jam tangan ataupun hal lain yang memang disukai anak. Tapi dalam pemberian reward ini hendaknya harus diperhatikan kapan waktu anak baiknya diberikan reward dan kapan sebaiknya tidak diberikan reward. Selain itu juga hendaknya turut diperhatikan reward apa yang cocok diberikan kepada anak jangan terlalu berlebihan. Nah bagaimana sudahkah anda memberikan reward kepada anak anda ketika ia berprestasi? Jika belum maka hendaknya sesekali berikan ia reward ya karena seperti telah dijelaskan di atas pemberian reward yang tepat mampu meningkatkan prestasi anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top