Tips Belajar

6 Cara Menghidupkan Suasana Kelas Saat Mengajar

6 Cara menghidupkan suasan be;lajar

Seperti kita tahu bahwa anak PAUD merupakan anak-anak yang masih balita, anak-anak yang sedang sangat aktif aktifnya bergerak. Mereka senang sekali bergerak kesana kemari, bermain sesuka hatinya dan juga rasa ingin tahunya sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu mengkondisikan mereka agar diam dalam jangka waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. Selain itu terkadang di dalam sebuah kelas di PAUD itu diisi oleh anak-anak yang berbeda. Ada yang aktif, sedang dan kurang aktif. Anak yang aktif tentu saja ketika pembelajarn ia akan terlibat aktif berpartisipasi. Untuk anak yang berkategori sedang maka kadang ia akan berpartisipasi dan kadang ia akan diam saja. Sedangkan anak yang kurang aktif kebanyakan ia akan diam dan kurang berpartisipasi. Maka dari itu  diperlukan suasana kelas yang hidup agar semua anak terlibat aktif dan menikmati  pembelajaran. Nah, bagaimanakah cara menghidupkan kelas saat mengajar di PAUD? Berikut ini diuraikan beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kegiatan belajar mengajar yang anda lakukan di PAUD itu hidup dan anak-anak anda mengkuti pembelajaran dengan baik:

1. Ice Breaking

Suasana kelas tidak hidup bisa jadi diakibatkan oleh anak yang sudah lelah, nah jika kondisi sudah seperti itu anda bisa memberikan anak ice breaking. Bentuk-bentuk ice breaking nya bisa tebak-tebakan, tes konsentrasi ataupun permainan.

2. Tepuk Tangan

Untuk menghidupkan suasana kelas anda juga bisa menggunakan berbagai tepuk. Biasanya anak-anak itu senang sekali jika gurunya sudah memberikan suatu hal dan ia kemudian harus mengikuti hal tersebut. Begitu pula dengan tepuk, mereka akan senang mengikuti tepuk yang anda berikan. Tepuk ini bisa membangkitkan semangat mereka kembali untuk belajar. Untuk  jenis-jenis tepuknya sendiri anda bisa mencarinya di internet ataupun bisa menciptakan tepuk sendiri.

3. Bernyanyi

Banyak sekali nyanyian anak-anak yang bisa anda gunakan untuk menghidupkan suasana kelas, bisa yang memang sudah ada ataupun anda ciptakan sendiri. Agar lebih bersemangat anda bisa mengkondisikan anak-anak anda untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan, berdiri, ataupun diiringi alat musik.

4. Merubah posisi duduk

Posisi duduk yang monoton bisa juga menjadi salah satu penyebab anak-anak jenuh, oleh karena itu anda bisa merubah posisi duduk mereka. Bisa melingkar, berkelompok, ataupun lesehan.

5. Kegiatan yang menantang

Kurangnya variasi dalam mengajar pun bisa menyebabkan anak-anak jenuh. Oleh karena itu variasikanlah kegiatan yang anda lakukan dalam mengajar dan hendaknya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menantang. Kegiatan tersebut bisa mewarnai, menggambar. Menyusun puzzle ataupun kegiatan lain yang dilakukan di outdoor.

6. Reward

Reward berfungsi sebagai penambah motivasi anak agar terus semangat belajar. Jadi ketika semangat mereka turun anda bisa memberikan reward agar anak-anak semangat lagi dan suasana pembelajaran menjadi hidup.

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghidupkan suasan kelas saat anda mengajar di PAUD. Semoga membantu, semangat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top