Tips Belajar

Agar Anak Hobi Membaca

Agar Anak Hobi Membaca

Buku adalah gudangnya ilmu, dan membaca merupakan jendela dunia. Jika kita senang membaca maka kita akan menjadi orang yang pintar karena banyak pengetahuan yang kita miliki. Sedangkan orang yang tidak suka membaca cenderung akan menjadi orang yang bodoh, dan orang yang bodoh itu dekat dengan kemiskinan. Apakah anda mau buah hati anda jadi orang bodoh dan miskin? Tenu tidak mau bukan. Oleh karena itu mulai sekarang sebelum terlambat maka ajarilah anak anda agar hobi membaca. Bingung caranya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan agar anak anda hobi membaca:

1. Contoh

Jika anda ingin buah hati anda suka membaca maka berilah contoh dari diri anda sendiri untuk suka membaca juga. Seorang anak biasanya akan mencontoh apa yang orang tuanya lakukan.

2. Berilah Buku Bergambar Ilustrasi

Anak-anak biasanya suka dengan hal-hal yang berwarna dan bentuknya menarik. Oleh karena itu buku yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi akan menarik perhatian anak. Meski tak jarang anak hanya akan melihat gambarnya itu tidak menjadi masalah, yang penting anak suka terlebih dahulu terhadap buku. Biasanya ketika anak sudah tertarik dengan gambarnya maka ia akan penasaran untuk membaca tulisan pada gambar tersebut.

3. Berilah Buku Sesuai Minat

Kenalilah minat anak anda, jika ia senang olahraga maka berilah buku yang berhubungan dengan olahraga. Jika senang komik beri komik, jika dongeng berilah buku dongeng, dll. Mungkin secara sekilas buku-buku ini kurrang berhubungan dengan pengetahuan, akan tetapi untuk menstimulus anak buku-buku ini sangat baik. Sebab ketika ia dewasa ia akan mampu memilah buku apa saja yang harus ia baca.

4. Beri Tahu Manfaat Membaca

Ketika anda dan anak memiliki waktu senggang maka ajaklah ia membaca bersama. Kemudian di sela-sela jeda membaca dengan obrolan yang hangat berilah ia pengetahuan tentang manfaat membaca. Tapi jangan terkesan seperti sedang memaksa ia untuk terus membaca.

5. Selalu Sediakan Buku (Buat Perpustakaan Mini)

Jika anda memiliki uang lebih dan memiliki rumah yang luas, alangkah baiknya jika anda selalu menyediakan buku. Baik untuk anda ataupun anak anda agar senantiasa senang membaca buku.

6. Buat Warm Book

Di dinding kamar anak anda, anda bisa membuatkannya semacam warm book (daftar buku yang telah dibaca anak yang ditulis di perut cacing). Misalnya jika anak anda telah menyelesaikan 20 buku anda akan memberikannya hadiah. Hal ini tentu bisa memotivasi anak untuk membaca, yang mungkin pada awalnya ingin membaca untuk mencapai target dan mendapat hadiah. Lama kelamaan akan menjadi sebuah hobi.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda hobi membaca. Selamat mencoba, semoga berhasil. Mari tanamkan hobi membaca sejak dini, untuk membuka jendela dunia dan melihat betapa indahnya dunia itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top