Tips Belajar

Agar Belajar Lebih Efektif dan Menyenangkan

belajar efektif

Belajar merupakan sebuah proses untuk mengubah tingkah laku. Pengalaman yang bermakna dari kegiatan belajar yang telah di lakukanlah yang menjadi kunci utamanya. Agar pengalaman saat belajar bermakna maka pembelajaran tersebut harus dilakukan secara efektif dan menyenangkan. Lalu bagaimanakah pembelajaran yang efektif dan menyenangkan itu? Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukakan agar kegiatan belajar menjadi lebih efektif:

1. Buat Rangkuman

Buatlah rangkuman mengenai materi yang telah selesai dipelajari, cukup catat hal-hal yang pentingnya saja.

2. Ingat Kata Kunci

Ingatlah kata-kata kunci/ poin-poin penting dari materi yang telah dipelajari. Gunakanlah bahasa sendiri dalam menjelaskan maksud dari kata kunci yang sudah diingat itu.

3. Buat Jadwal Rutin

Buatlah jadwal rutin kapan waktu belajar Mata Pelajaran A, B, C, atau D setiap hari/ setiap minggunya. Atur juga waktunya, tidak perlu lama namun rutin.

4. Belajar Bersama

Belajarlah bersama dengan orang lain, baik itu teman, kakak, maupun orang tua. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kejenuhan dalam belajar juga agar ada teman untuk sharing pengetahuan.

5. Disiplin

Disiplin saat belajar maksudnya yaitu patuh pada apa yang sudah kita jadwalkan. Misalnya hari kamis akan belajar Matematika selama 1 jam dari jam 1 s.d 2. Maka hal itu harus dilakukan dengan konsisten jangan sampai ditunda-tunda.

6. Dipahami bukan dihafal

Pahamilah setiap materi yang telah dipelajari, jangan dihafalkan. Karena ketika suatu materi dipahami maka materi tersebut akan melekat di otak kita, sedangkan jika di hafal akan cepat lupa.

7. Belajar dari Berbagai Sumber

Belajarlah dari berbagai sumber, baik itu buku, koran, majalah, internet, lingkungan, dll. Jangan hanya terfokus pada satu sumber belajar saja agar pengetahuan kita semakin kaya.

Selain cara-cara efektif di atas ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan agar belajar lebih menyenangkan:

1. Selingi Istirahat

Jika belajar dengan waktu yang lama, maka selingilih dengan istirahat selama beberapa menit agar tubuh tidak terlalu lelah.

2. Selingi dengan Hobi

Selain dengan istirahat, jeda saat belajar juga bisa diisi dengan hobi, jika hobi membaca maka bacalah buku yang disukai, Jika hobi menggambar maka gambarlah 1 objek yang sedang disenangi.

3. Learning by Doing

Learning by doing ( belajar sambil melakukan). Metode ini akan membuat belajar lebih menyenangkan karena pembelajar diajak secara langsung mempraktikan sesuatu yang telah dipelajari.

4. Variasi Metode

Gunakanlah metode pembelajaran yang bervariasi seperti diskusi, percobaan, praktek, dll.

5. Dengarkan Musik

Jika senang dengan musik maka nyalakanlah musik ketika belajar, agar lebih merasa semangat atau rileks.

6. Belajar seperti tidak Belajar

Salah satu contoh dari pembelajaran dengan metode ini yakni pembelajaran dikemas dalam bentuk game, misalnya anak diberi tebak-tebakan tentang IPA, disuruh mengerjakan suatu projek, dll. Mereka pasti akan senang dan merasa tidak sedang belajar padahal sebenarnya sedang belajar.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan, selamat mencoba semoga belajarnya menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top