Tips Belajar

Apa itu E-learning?

Seiring perkembangan zaman segala aspek kehidupan mengalami perkembangan kearah yang lebih baik. Begitu pula dengan pendidikan, khususnya di Indonesia. Pendidikan di Indonesia kian hari semakin berkembang kearah yang lebih baik, ya meski belum semaju di negara-negara lain. Pada abad 21 ini berbagai metode pembelajaran mulai digunakan oleh para pendidik  dalam mengajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Kita mengenal berbagai jenis metode pembelajaran seperti metode cooperative, metode contextual dan masih banyak lagi. Salah satu dari sekian banyak model tersebut ialah model E-Learning. Apakah model pembelajaran E-learning itu? E-Learning merupakan singkatan dari Elektronik Learning atau bisa diartikan sebagai pembelajaran elektronik. Maksudnya yakni suatu metode pembelajaran yang menggunakan peralatan elektronik sebagai media utamanya.

Mungkin kita sering menyamakan istilah elektronik learning dengan pembelajaran jarak jauh. Tapi tahukah anda sebenarnya pembelajaran jarak jauh itu hanya salah satu jenis dari elektronik learning. Karena sebenarnya E-learning ini memiliki 3 tipe, yaitu:

1. Web course

Web course inilah yang sering disebut dengan pembelajaran jarak jauh atau long distance learning. Sebab E-Learning tipe ini dilakukan oleh pengajar dan siswa secara berjauhan dan komunikasi hanya dilakukan melalui internet. Baik itu latihan, tugas, diskusi, konsultasi, maupun ujian. Jadi pada web course ini antara pengajar dan siswa tidak melakukan tatap muka secara langsung sama sekali. Biasanya tipe ini digunakan oleh universitas-universitas yang membuka kelas jarak jauh.

2. Web centric course

Berbeda dari web course, web centric course ini pembelajaranya dilakukan secara fifty-fifty. Maksudnya pembelajaran e-learning dengan tipe ini tidak sepenuhnya dilakukan hanya melalui internet akan tetapi sebagian dilakukan secara tatap muka. Misalnya pada kegiatan diskusi, konsultasi, ataupun ujiannya dilakukan secara tatap muka.

3. Web enhanced course

Web enhanced course merupakan tipe e-learning yang hanya menggunakan internet sebagai sarana untuk mendapatkan materi ajar. Sedangkan pembelajaran tetap dilakukan secara tatap muka seperti biasanya.

Selain tiga tipe diatas e-learning juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

1. Memungkinkan peserta didik dan pendidik untuk berkomunikasi melalui internet dimana saja dan kapan saja tanpa terhalang ruang dan waktu.

2. Memudahkan dalam mengakses materi.

3. Peserta didik bisa me-riew materi dimana saja dan kapan saja, tinggal membukanya di komputer.

4. Praktis karena tidak menggunakan buku yang bisa berlembar-berlembar.

5. Relatif lebih efisien, karena sedikit mengurangi biaya transportasi. Tinggal

Stay di komputer yang terkoneksi ke internet dan siaplah untuk belajar. Itulah uraian mengenai pengertian, tipe, dan kelebihan e-learning. Semoga semakin menambah wawasan anda dan menjadi salah satu metode yang menjadi referensi anda untuk digunakan saat mengajar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top