Tips Belajar

Apa itu Metode Example Non Example dalam Pembelajaran?

Seperti kita tahu agar suatu pembelajaran tidak membosankan dan hasilnya dapat maksimal maka diperlukan suatu alat bantu untuk melakukannya, alat bantu tersebut dinamakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran ini berfungsi sebagai pemberi variasi dalam penyampaian materi dari guru kepada siswa. Mungkin kita tahu dulu seringnya guru hanya menerapkan satu metode pembelajaran ketika mengajar, yang kita kenal dengan istilah metode ceramah. Metode ceramah yaitu metode pembelajaran yang berpusat kepada guru, mengapa demikian? Karena pada metode ini gutulah yang akan memberikan pengetahuannya kepada siswa sedangkan siswa hanya duduk manis dibangku untuk mendengarkan penjelasan dari guru.

Seiring perkembangan zaman dengan mengajar hanya menggunakan metode ceramah saja dirasa tidak sesuai lagi dikarenakan banyak materi pelajaran yang anak tidak akan mengerti jika hanya dijelaskan saja tetapi ia terkadang harus praktek langsung atau mengetahuinya sendiri. Maka dari itu diperlukan variasi dalam mengajar caranya yaitu dengan menggunakan metode  pembelajaran yang berbeda, disesuaikan dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi. Salah satu metode yang bisa anda gunakan antara lain metode example non example. Apakah metode example non example itu?

Metode example non example secara arti bahasanya dapat dikatakan sebagai metode contoh non contoh. Jadi tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk memahami suatu konsep materi pembelajaran dengan cara mengklasifikasikan mana yng merupakan contoh (example) dari konsep tersebut dan mana yang merupakan bukan contoh (non example) dari konsep tersebut. Biasanya agar lebih memudahkan siswa contoh-contoh tersebut disajikan dalam bentuk gambar kemudian nanti siswa menganalisisnya dan mengklasifikasikan apakah termasuk ke dalam contoh atau bukan contoh dari suatu konsep.  Adapun langkah pembelajaran dari metode ini menurut yaitu:

  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar yang relevan dengan materi dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Guru menempelkan gambar tersebut di papan tulis atau menampilkannya dalam tayangan slide power point.
  3. Guru memberi petunjuk dan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan menganalisis gambar yang ditampilkan.
  4. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok dengan jumlah 2-3 orang, untuk berdiskusi dan mencatat hasil analisa dari gambar yang telah mereka amati.
  5. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusinya
  6. Siswa lain dan guru memberi tanggapan/komentar terhadap apa yang disampaikan oleh temannya.
  7. Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah selesai dilaksanakan.

Jika anda menggunakan metode ini dalam pembelajaran ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan, yaitu:

  1. Siswa terlibat aktif menemukan pengetahuannya sendiri dengan cara menganalisis gambar yang telah disediakan.
  2. Menstimulus siswa untuk berfikir kritis.
  3. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
  4. Siswa dilatih untuk memiliki kemampuan analisis yang baik sehingga mampu membedakan mana yang example dan mana yang non example.
  5. Siswa diberi sebuah definisi yang akan mempermudah ia dalam memperluas konsepnya.

Itulah uraian singkat mengenai apa itu metode pembelajaran example non example, semoga bisa menjadi referensi anda dalam mengajar.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top