Tips Belajar

Bagaimana Mengatasi Anak Malas Belajar?

anak malas

Malas merupakan sifat yang sulit dihindari oleh siapapun. Baik itu oleh anak-anak, remaja maupun dewasa. Rasa malas ini juga kadang menghinggapi seorang pelajar. Ketika rasa malas hinggap pada diri seorang pelajar maka biasanya mereka akan malas sekali untuk belajar. Nah sebagai orang tua ataupun guru pasti pernah mengalami kasus dimana anaknya malas belajar kan?Saat anak anda malas belajar maka jangan sekali-kali anda memarahinya, tapi kenalilah terlebih dahulu faktor penyebab mereka malas belajar.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah tanya kepada anak anda kenapa ia malas belajar. Ada 2 faktor yang bisa memicu seorang anak malas belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor dalam diri anak itu sendiri seperti tidak memiliki motivasi mengenai apa yang ia inginkan setelah belajar, tidak menyukai pelajarannya, tidak menyukai orang yang mengajarnya, ataupun tidak menyukai teman-temannya yang belajar bersama dia. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor dari luar diri seorang anak, bisa saja karena pengaruh lingkungan, pengaruh teman bermain, kurang motivasi dari orang tua atau keluarga, dll. Untuk mengatasi hal-hal tersebut berikut inilah cara-caranya:

1. Ciptakan Suasana yang Kondusif, Hangat, Menyenangkan

Ciptakanlah suasana yang kondusif, hangat, dan menyenagkan, dengan suasana seperti ini anak akan merasa rileks dalam  belajar dan tidak terbebani.

2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Bervariasi

Gunakanlah metode pembelajan yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan dan jenuh ketika belajar.

3. Gunakan Media yang Bervariasi

Gunakanlah alat bantu berupa media pembelajaran yang mampu mendorong terjadinya pembelajaran yang lebih bermakna dan siswa menjadi lebih aktif dalam belajar.

4. Buatlah Anak Merasa Nyaman Belajar dengan Teman-temannya

Ketika anak belajar dengan teman-temannya ada kemungkinan ia kurang merasa cocok dengan salah satu dari sekian banyak temannya tersebut. Jika begitu maka anda harus mampu membuat kondisi agar anak anda merasa nyaman dengan temannya. Mungkin akan sulit, tapi cobalah buat kondisi agar anak anda bisa berinteraksi dengan temannya itu, dengan begitu mereka akan kenal lebih dalam dan bisa jadi dari asalnya tidak nyaman jadi nyaman dan bersahabat.

5. Berikan Motivasi

Berikanlah motivasi berupa nasihat ataupun tayangan-tayangan video yang mampu menginspirasi anak agar tidak malas belajar.

6. Berikan Reward

Berikanlah reward jika anak anda mencapai suatu presatasi dengan begitu ia tidak akan malas belajar.

7. Biarkan Anak Belajar Sesuai Bakatnya

Jangan paksakan anak belajar sesuatu yang tidak ia sukai, tapi biarkanlah ia belajar sesuai minat dan bakatnya. Sebab pada dasarnya manusia itu hanya ahli di satu bidang saja.

Kebanyakan orang tua di Indonesia selalu memarahi anaknya ketika malas belajar tanpa mengetahui alasan kenapa ia malas belajar. Padahal seharusnya ketahui dulu apa faktor penyebabnya kemudian tentukan solusinya. Pepatah mengatakan tak akan ada asap kalau tak ada api, tak akan ada rasa malas belajar kalau tidak ada penyebanya. Nah diatas sudah dipaparkan  beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi anak malas belajar, semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top