Tips Belajar

Belajar Kelompok Lebih Menyenangkan Dan Efektif

Belajar Kelompok Lebih Menyenangkan Dan Efektif

Belajar kelompok merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh seorang pelajar. Belajar kelompok ini sangat baik dilakukan sebab memiliki dampak yang positif, seperti melatih interaksi sosial dengan sesama teman, melatih cara memimpin yang baik dalam diskusi, meningkatkan intelektual, dll. Terkadang Belajar Kelompok yang kita lakukan tidak berjalan dengan baik karena satu dan lain hal, berikut ini Tips agar Belajar Kelompok yang kamu lakukan berlangsung secara efektif:

1. Tentukan Waktu Belajar

Ketika kamu akan belajar kelompok maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentukan waktu belajarnya, apakah pagi, siang, sore, sepulang sekolah, hari tertentu, dll. Rundingkanlah dengan teman belajar kamu dan pastikan semua teman kamu dapat hadir saat belajar kelompok dilaksanakan.

2. Tentukan Tempat Belajar

Setelah disepakati waktu belajarnya, langkah selanjutnya yaitu tentukanlah tempat belajarnya. Rundingkanlah dengan teman-teman kamu apakah kamu akan dilaksanakan di perpustakaan, rumah salah satu anggota, taman, atau dimanapun yang menurut kamu dan teman-teman cocok. Pastikan tempat strategis, luas dan tidak bising.

3. Lama Belajar

Agar belajar kelompok berlangsung secara efektif tentukanlah lama belajarnya. Jangan terlalu lama karena kamu akan merasa jenuh, 2-3 jam cukup untuk satu kali pelaksanaan belajar kelompok.

4. Fasilitas/Peralatan Penunjang

Bawalah peralatan yang menunjang untuk belajar kelompok yang akan kamu laksanakan seperti buku, alat tulis, laptop, modem, dan gadget yang memiliki koneksi internet. Sesuaikanlah peralatan yang kamu bawa dengan jenis belajar kelompok yang dilaksanakan, jika akan membuat Prakarya tentu saja kamu harus membawa bahan-bahan untuk membuatnya. Bila perlu buatlah list bagi setiap orang untuk membawa peralatan sesuai kebutuhan belajar kelompok.

5. Ciptakan Suasana Serius tapi Santai

Ciptakanlah suasana yang serius tetapi santai ketika kamu belajar kelompok, agar kamu dan teman-teman merasa rileks dan tidak terbebani.

6. Fokus pada Tujuan

Fokuslah pada tujuan yang hendak dicapai dari belajar kelompok yang kamu lakukan dan jangan terlalu banyak bercanda. Sebab ketika kamu tidak fokus dan terlalu banyak bercanda selain akan menyebabkan belajar kelompok tidak efektif juga bisa menimbulkan konflik dengan teman kamu.

7. Pembagian Tugas

Pembagian tugas ini dilakukan dengan tujuan agar setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang sama, dan tugas selelsai tepat pada waktunya. Agar setiap orang memiliki pengetahuan yang merata maka setiap anggota wajib membagikan pengetahuan yang ia miliki kepada anggota lain.

8. Saling Membantu

Ketika ada salah seorang anggota yang tidak mampu mengerjakan tugasnya atau belum mengerti dengan apa yang dipelajari, maka segeralah bantu ia hingga bisa/mengerti.

 

Demikianlah Tips tips agar belajar kelompok berjalan dengan efektif, selamat

mencoba.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top