Tips Belajar

Hargai Guru!

Hormati guru

Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Guru merupakan salah seorang yang memiliki jasa besar dalam hidup kita. Tanpa sosok seorang guru kita tidak akan bisa menjadi seperti sekarang ini, dengan segala pencapaian yang telah kita peroleh. Guru merupakan sebuah pfofesi mulia, dan profesi paling penting yang harus ada di sebuah negara. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Guru memiliki tugas utama sebagai pendidik, pengajar dan pelatih. Di tangan seorang gurulah anak-anak bangsa dididik, diajar, dan dilatih dengan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar kelak ia menjadi manusia yang  berguna. Baik itu berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya, masyarakat, maupun bangsa dan negara.

Tugas guru sangatlah berat karena masa depan bangsa ada di tangan mereka. Tanpa adanya seorang guru mungkin tidak akan ada profesi-profesi lain yang lebih tinggi dari guru, karena tentunya profesi lain tidak akan terbentuk jika tidak ada guru yang mengajarinya. Selain tugasnya yang berat, tanggung jawab sebagai seorang gurupun sangatlah berat. Jika seorang guru melakukan kesalahan maka akibatnya fatal karena kesalahan tersebut bisa menyebabkan murid-muridnya salah dalam hidupnya selama-lamanya, dan tentu saja hal itu harus dipertanggung jawabkan oleh seorang guru diakhirat kelak. Jika  dibandingkan dengan profesi lain mungkin gaji guru tidak ada apa-apanya, padahal sudah disebutkan tadi bahwa tugasnya sangatlah berat. Meskipun begitu seorang guru akan tetap bersedia mendidik, mengajar, dan melatih kita hingga kita bisa. Disamping melakukan hal diatas gurupun harus terampil dalam melakukan administrasi lain seperti membuat rpp, silabus, mengisi raport, dll. Belum lagi ia juga memiliki keluarga yang membutuhkan perhatian yang sama besar seperti kita, muridnya. Oleh karena itu sebagai seorang pelajar hendaklah kita menghargai guru. Tidak perlu memberikannya barang mewah, hal-hal di bawah ini sudah mewakili jika kamu mencintai guru kamu. Adapun hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan kepada gurumu yaitu:

1. Senyum, Salam, Sapa (S3)

Ketika kamu bertemu dengan gurumu biasakanlah untuk tersenyum, mengucapkan salam, dan menyapa mereka. Perbuatanmu yang terlihat sepele ini akan membut hati gurumu senang dan merasa dihargai.

2. Berbicara dengan Bahasa yang Baik

Ketika kamu berbicara dengan gurumu gunakanlah bahasa yang sopan. meskipun ketika kamu berbicara dengan temanmu tidak terbiasa menggunakan bahasa yang sopan. Hal ini sebagai penanda dan penghargaan bahwa gurumu lebih tinggi kedudukannya dibandingkan kamu,

3. Mengajukan Pertanyaan degan Sopan

Apabila kamu ingin bertanya pada gurumu, gunakanlah bahasa dan perilaku yang santun. Seperti mengangkat tangan kemudian dilanjutkan dengan berkata “mohon izin pa/bu saya ingin bertanya mengenai…..” lalu diakhiri dengan ucapan terimakasih.

4. Ketika Gurumu Salah Maka Ingatkan dengan Santun

Gurumu juga manusia maka tidak mustahil apabila ia melakukan kesalahan. Oleh karena itu ketika gurumu salah maka ingatkanlah dengan cara yang sopan, tidak terkesan menggurui dan juga memojokkan atau membuat malu.

5. Perhatikan dan Dengarkan Ketika Gurumu Berbicara/Menjelaskan

Perhatikanlah ketika gurumu sedang menjelaskan di depan kelas, karena dengan begitu mereka akan merasa bahwa apa yang mereka ajarkan itu dihargai oleh muridnya. Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukakan sebagai bukti bahwa kamu mennghargai gurumu. Sebagai generasi muda maka bekerjasamalah kamu dengan mereka, karena masa depan bangsa Indonesia ini berada di tangan gurumu dan tangan kamu sendiri. Semangat, MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA!!!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top