Tips Belajar

Ini Akibat Sering Bolos Sekolah

BOLOS

Sekolah merupakan suatu kewajiban karena dengan Sekolah kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Akan tetapi tak jarang rasa malas menghantui kita untuk pergi ke Sekolah. Oleh karena itu banyak pelajar di Indonesia mengambil jalan untuk bolos Sekolah, hanya karena mengikuti rasa malasnya itu. Sekali aman, dua kali tetap aman, tiga kali empat kali tetap lolos, maka lama kelamaan bolos itu akan menjadi sebuah rutinitas. Padahal jika kalian tahu, bayak sekali kerugian yang akan kalian dapat karena sering membolos. Berikut ini akan dijelaskan beberapa akibat dari sering membolos:

1. Tertinggal Pelajaran

Dengan kamu sering bolos maka akan banyak mata pelajaran yang tidak kamu ikuti, dan penguasaan kamu terhadap pelajaran akan tertinggal oleh teman-temanmu yang lain.

2. Tidak Disenangi Guru

Anak yang sering bolos Sekolah tidak akan disenangi oleh guru. Ketika kamu tidak disenangi oleh gurumu sendiri kamu tentu tidak akan merasa nyaman belajar di Sekolah bukan. Makanya jangan suka bolos Sekolah ya!

3. Nilai Kecil

Karena banyaknya pelajaran yang tidak kamu ikuti maka ketika kamu ulangan kamu hanya akan bisa menjawab sedkit dari soal-soal yang ada. Sehingga nilaimu akan kecil.

4. Di Keluarkan dari Sekolah

Sekolah tertentu dengan peraturan yang ketat, biasanya ketika muridnya bolos sampai seminggu akan mengeluarkan SP bahkan Hingga Drop Out. Kamu mau dikeluarkan dari Sekolah? Sekolah itu mahal loh.

5. Dikucilkan Teman

Anak yang sering bolos biasanya akan dikucilkan oleh anak yang lain, karena anak yang rajin Sekolah merasa bergaul dengan anak yang sering bolos bukan hal yang baik. Takutnya terbawa suka bolos juga.

6. Membuat Malu dan Kecewa Orang Tua

Ketika orang tuamu dipanggil ke Sekolah karena kamu yang sering bolos, maka mereka akan malu sekaligus kecewa dengan perbuatanmu itu. Apakah kamu tega membuat kecewa kedua orang tuamu yang telah membesarkan kamu?

7. Masa Depan Suram

Orang yang sering bolos, sekalipun lulus tentu hanya akan mendapat nilai seadanya dan juga kemampuan yang pas-pasan. Secara logika bisa dipastikan masa depannya akan suram, ya kecuali ada suatu keajaiban.

8. Menyesal di Kemudian Hari

Penyesalan memang selalu datang di akhir. Begitupun dengan orang yang sering bolos, mungkin ketika masih Sekolah mereka akn senang senang saja karena biaya tinggal minta ke orang tua. Tapi ketika sudah dewasa dan masuk dunia kerja, pasti akan menyesal karena anak-anak yang rajin Sekolah mendapat pekerjaan yang layak dan kamu tidak. Sebelum menyesal maka jangan bolos ya.

Itulah beberapa kerugian yang akan kamu dapat jika sering bolos, mulai sekarang bagi yang masih suka bolos, segera berhenti ya. Dan jika yang punya teman suka bolos ingatkan dia untuk tidak bolos lagi, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top