Tips Belajar

Matematika Itu Mudah

mudah matematika

Sebagian besar pelajar di Indonesia ketika ditanya mengenai pelajaran yang paling sulit di Sekolah, bisa dipastikan rata-rata pelajar akan menjawab Matematika. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebagian pelajar tidak menyukai Matematika, yakni terlanjur mensugesti diri bahwa Matematika itu sulit, mudah menyerah dalam mengerjakan soal, tidak menyukai guru yang mengajarnya, dll. Padahal Belajar Matematika itu tidak sesulit apa yang dibayangkan, belajar Matematika itu mudah apabila kamu:

1. Memiliki Sugesti Positif

Kamu harus menanamkan sugesti positif dalam diri kamu bahwa Matematika itu mudah. Tidak ada yang sulit selama kita mau mencoba dan mau berusaha.

2. Memiliki Buku Tips/Cara Mudah Belajar Matematika

Belilah buku yang berisi tips tentang cara mengerjakan soal-soal Matematika secara mudah. Buku tersebut akan menunjang kamu dalam belajar Matematika disamping kamu belajar Matematika dari guru atau buku pelajaran.

3. Menyukai Guru Matematika yang Mengajar

Jika kamu ingin mengerti suatu mata pelajaran maka kamu harus menyukai gurunya. Pernyataan tersebut memang benar sesulit apapun suatu pelajaran ketika kita menyukai guru yang mengajarnya maka kita akan berusaha untuk memahami materi yang ia ajarkan.

4. Rajin Berlatih

Latihan akan membuatmu semakin terampil dalam memecahkan soal Matematika. Semakin sering kamu berlatih akan semakin mudah Matematika itu buatmu.

5. Tidak Mudah Menyerah dalam Mengerjakan Soal

Ketika kamu menemukan sebuah soal Matematika yang kamu rasa sulit janganlah mudah menyerah dengan begitu saja. Teruslah coba hingga bisa, akan tetapi ketika kamu mentok maka bertanyalah kepada orang lain/temanmu.

6. Jangan Malu Bertanya Ketika Kesulitan

Ketika merasa ada yang tidak dimengerti, janganlah segan untuk bertanya baik itu kepada teman, kepada guru, atau kepada siapapun yang berkompeten dalam bidang Matematika. Ingatlah pepatah “malu bertanya sesat di jalan”.

7. Belajarlah dari Soal yang Mudah ke yang Sulit

Mulailah mengerjakan soal dari soal-soal mudah, baru kemudian ke soal yang sulit. Langkah ini akan mempermudah kamu dalam belajar Matematika.

8. Fokus Ketika Belajar

Matematika itu identik dengan angka-angka dan rumus-rumus sehingga kamu harus teliti, tekun, dan fokus saat belajar . Fokus akan membuatmu lebih mudah paham saat belajar Matematika.

Itulah beberapa cara yang bisa mempermudah kamu dalam belajar Matematika, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top