Tips Belajar

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Tips Memilih PERGURUAN TINGGI

Bagi kamu yang baru lulus SMA tentu memiliki keinginan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni ke sebuah perguruan tinggi atau universitas dan menjadi mahasiswa disana. Menjadi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi merupakan kebanggaan tersendiri dan pencapaian yang tidak mudah. Sebab di Indonesia ini tidak semua orang bisa masuk ke perguruan tinggi, diperlukan kerja keras untuk bisa masuk kesana. Seringkali di bangku kuliah itu banyak mahasiswa pada semester-semester awal yang keluar ataupun pindah jurusan ke jurusan lain. Hal ini biasanya disebabkan karena  kurangnya kesiapan mental, merasa tidak cocok dengan jurusan yang diambil, ataupun merasa tidak nyaman dengan kondisi perkuliahan yang dijalani. Nah kwana-kawan untuk menghindari hal-hal tersebut sebaiknya kita harus selektif memilih  perguruan tinggi mana yang akan kita masuki. Berikut ini beberapa tips dan hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu memilih sebuah perguruan tinggi:

1. Jurusan yang diminati

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih sebuah perguruan tinggi adalah ada tidakya jurusan yang kamu minati. Kemudian bandingkan antara jurusan yang kamu minati di Perguruan tinggi A dan Perguruan tinggi lain, lebih bagus dimana.

2. Status

Pertimbangkan status perguruan tinggi tersebut, apakah negeri atau swasta. Jika negeri biasanya kualitas nya memang sudah bagus, akan tetapi jika swasta perlu dipertimbangkan akreditasinya apa. Jika swasta dengan akreditasi bagus, kenapa ngga selama biaya kamu mencukupi. Karena biasanya ada perusahaan atau lembaga yang menerima seseorang dengan mempertimbangkan lulusan mana orang tersebut.

3. Prospek Kerja

Jika kamu akan mengambil suatu jurusan di sebuah perguruan tinggi maka pertimbangkan juga ya nanti dengan berbagai kemampuan yang kamu peroleh selama kuliah, kamu akan mudah diterima kerja atau tidak jika kamu lulusan dari perguruan tinggi tersebut.

4. Lokasi

Lokasi suatu perguruan tinggi juga harus kamu pertimbangkan, apakah akan memilih yang di dekat rumah atau sudah siap untuk berjauhan dengan orang tua. Jika letak perguruan tinggi yang kamu inginkan ada di luar kota maka kamu harus siap untuk long distance dengan keluarga kamu.

5. Biaya

Biaya juga harus kamu pertimbangkan , carilah perguruan tinggi dengan budget yang sesuai dengan kondisi keuangan keluargamu tapi kualitasnya masih bagus. Atau kamu juga bisa mencari beasiswa agar meringankan beban orang tua.

6. Jalur Masuk

Biasanya perguruan tinggi terutama negeri menyediakan 3 jalur masuk yakni SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Jika jurusan yang akan kamu ambil memang ada di perguruan tinggi tersebut maka ketahuilah waktu-waktu ke tiga jalur tersebut dilaksanakan. Agar kesempatanmu untuk masuk kesana lebih lebar.

7. Jumlah Peminat

Biasanya semakin banyak peminat suatu perguruan tinggi maka semakin bagus pula kualitas perguruan tinggi tersebut. Oleh karena itu kamu harus siap bersaing dengan mereka, jika kamu lolos maka kamu luar biasa.

8. Kualitas & Fasilitas Kampus

Tinjaulah kualitas dan fasilitas yang tersedia di kampus yang akan kamu masuki, karena hal tersebut akan menetukan  bagaimana proses perkuliahan yang akan kamu dapatkan.

9. Tanya pada Orang Tua

Tanyakan pada orang tuamu jika kamu masuk ke perguruan tinggi A bagus tidak, boleh tidak. Karena restu orang tua adalah salah satu kunci kesuksesanmu.

10. Tanya pada Senior

Selain pada orang tua kamu juga bisa bertanya pada seseorang yang sudah kuliah, atau orang yang pengetahuannya lebih luas dari kamu. Mintalah rekomendasi perguruan tinggi yang bagus.

Itulah beberapa tips dan hal yang harus kamu pertimbangkan ketika kamu akan memilih sebuah perguruan tinggi. Jangan sampai kamu salah mengambil jurusan dan tempat kuliah sampai kamu tidak nyaman dengan tempat kuliahmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top