Tips Belajar

Tips Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar di Sekolah

malas belajar

Salah satu kewajiban seorang anak adalah belajar. Belajar memang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi belajar yang dilakukan secara resmi atau formal biasa dilakukan di Sekolah. Tak jarang ketika belajar di Sekolah kamu mengalami rasa malas. Inginnya hanya diam, makan, nonton tv, main tanpa mau beruurusan dengan buku, guru, ataupun tugas-tugas Sekolah. Nah kalausudah seperti ini maka kamu harus segera mencari solusi untuk mengatsi rasa malasmu itu. Soalnya jika kamu terus menerus dikuasai oleh rasa malas bisa bisa kamu berhenti Sekolah dan melakukan hal-hal kurang baik akibat rasa malasmu itu. Rasa malas ini biasanya timbul karena kamu merasa jenuh dengan aktivitas belajarmu yang monoton seperti itu-itu saja. Ataupun kamu lelah, tidak nyaman dengan suasana kelas, dan merasa kesulitan dalam pelajaran juga bisa menjadi alasan kamu malas. Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas ketika belajar di Sekolah yaitu:

1. Refreshing

Jika kamu malas untuk belajar, bisa jadi penyebannya adalah kamu sudah jenuh dengan aktivitas Sekolahmu. Oleh karena itu kamu bisa refreshing atau bermain ke tempat yang kamu suka untuk penambah semangat kamu dalam belajar sekaligus penghilang rasa malas.

2. Ikuti Kegiatan di Sekolah

Ikutilah kegiatan yang diadakan di Sekolah, apapun itu agar kamu tidak terlalu stress dengan aktivitas belajarmu. Stress tadi yang menyebabkan kamu malas belajar.

3. Sharing pada teman

Jika kamu sedang malas belajar, maka sharing atau ceritalah kepada teman kamu. Nanti mereka akan memberikan kamu solusi sekaligus menyemangati kamu agar kamu tidak malas lagi.

4. Minta Motivasi pada orang tua atau guru

Ketika kamu malas jangan ragu untuk menceritakan hal tersebut kepada orang tua kamu ataupun guru kamu. Mereka tentu akan memberikan solusi-solusi bijak yang akan membuat kamu semangat lagi dalam belajar. Percaya deh apalagi perkataan seorang ibu, itu nenangin banget dan kaya oase di padang pasir.

5. Niatkan untuk kebaikan

Ketika kamu malas belajar di Sekolah maka niatkanlah bahwa apa yang kamu lakukan itu untuk kebaikan. Yakni agar kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, meraih cita-cita, dan membahagiakan orang tua kamu. Niat baik akan selalu dimudahkan oleh Allah, jadi karena niat tadi rasa malasmu lama kelamaan akan hilang.

6. Praktek langsung

Biasanya rasa malas ini menyerang seseorang dan orang itu terus saja mengumbar bahwa ia sedang malas belajar. Sebenarnya kalau kasusnya seperti ini, ini seperti sugesti bahwa kamu memang sedang malas jadi inginnya diam saja. Oleh karena itu solusi jika kasusnya seperti yang telah disebutkan di atas maka kamu harus praktek langsung untuk belajar. Ketika kamu sudah fokus belajar maka kamu tidak akan merasa malas lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika malas belajar di Sekolah. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top