Tips Belajar

Tips Menghafal Dengan Cepat

Menghafal Cepat

Tugas utama seorang pelajar tentu saja belajar dengan baik, guna mendapat ilmu yang bermanfaat. Ulangan harian, UTS, maupun UAS merupakan schedule wajib dalam sistem pendidikan formal di Indonesia yang harus dilaksanakan setiap pelajar. Agar mendapatkan nilai memuaskan dalam tes-tes yang dilakukan di atas tentu saja seorang pelajar harus mampu menghafal dengan baik, namun tak jarang banyak pelajar yang mengalami kesulitan dalam melakukannya. Berikut ini tips agar bisa menghafal dengan cepat yang mungkin bisa membantu anda:

1. Niat

Segala kesuksesan bergantung kepada niat. Jika anda memang ingin menghafal dengan cepat maka tanamkanlah niat yang serius dan tekad yang kuat dalam diri anda. Niat yang sungguh-sungguh akan membuat diri kita secara otomatis termotivasi untuk menghafal dan rasa malas akan terminimalisir.

2. Aksi Nyata

Saat anda sudah berniat untuk menghafal maka lakukanlah dengan segera, jangan sampai di tunda-tunda tapi pada akhirnya tidak menghafal juga. Ketika anda hanya punya niat tanpa dibarengi sebuah aksi nyata niscaya anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

3. Penentuan Suasana

Setiap orang memiliki suasana pendukung menghafal yang berbeda. Ada yang suka menghafal dalam keadaan berisik seperti diiringi musik, ada juga yang suka menghafal dalam keadaan hening. Kenalilah diri anda termasuk golongan yang mana, agar mudah menentukan suasana belajar yang anda inginkan. Sebenarnya, waktu menghafal yang efektif adalah 2/3 malam sebab keadaan masih hening dan otak anda masih fresh.

4. Konsentrasi

Konsentrasi sangat diperlukan ketika anda menghafal. Semakin tinggi tingkat konsentrasi anda maka semakin cepat pula suatu materi dapat anda hafal. Jangan biarkan pikiran anda bercabang ketika menghafal, dan fokuslah pada apa yang akan dihafalkan.

5. Kata Kunci

Cukup ingat kata-kata kunci dari setiap materi yang anda hafalkan dan jangan coba-coba untuk menghafal semua kalimat yang ada di buku, karena itu hanya akan mempersulit anda dalam menghafal.

6. Ringkasan

Alangkah baiknya kata kunci yang akan anda hafalkan itu dibuat ringkasan terlebih dahulu. Ringkasan bisa berbentuk tulisan biasa, hanya saja akan lebih mudah apabila kata kunci tersebut dibuat kedalam sebuah peta pikiran (mind map).

7. Mudah ke Sulit

Mulailah menghafal dari hal termudah kemudian hal yang lebih sulit, karena biasanya hal sulit yang sedang dihafal itu sebagian kata kuncinya sudah ada di hal-hal mudah yang telah dipelajari.

8. Pengulangan

Agar mendapat hasil yang maksimal ulangi lah apa yang dihafalkan sebanyak 2-3 kali, agar apa yang dihafalkan benar-benar melekat pada ingatan anda.

Demikian beberapa tips agar mampu menghafal dengan cepat, semoga membantu bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menghafal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top