Tips Belajar

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

SUKSES Ujian

Ujian merupakan tahap terakhir yang harus dilalui oleh seorang pelajar agar bisa lulus dari sebuah Sekolah. Tak jarang ketika akan menghadapi Ujian seorang pelajar tidak tahu apa yang harus ia lakukan agar bisa sukses menghadapi ujian tersebut. Oleh karena itu berikut ini ada tips menghadapi ujian Sekolah bagi kamu yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional di Sekolahnya

1. Tips Beberapa Bulan Sebelum Ujian

Menjelang beberapa bulan sebelum ujian kamu harus sudah mempersiapkan diri, jangan gunakan program SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal ini dimaksudkan agar kamu semakin mantap dalam menghadapi ujian. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan beberapa bulan sebelum ujian:

a. Atur Program belajar

Aturlah program belajar dengan baik, buatlah rincian programnya dalam buku agendamu. Kamu bisa belajar mengenai mata pelajaran yang akan diujiankan sesuai dengan waktu yang kamu miliki, misalnya 1-2 jam per hari setelah pulang Sekolah.

b. Perbanyak Latihan Soal

Perbanyaklah latihan soal karena belajar dengan latihan soal ini akan lebih mudah diserap oleh ingatanmu dibanding hanya menghafal tanpa dibarengi berlatih soal.

c. Hafalkan Hal-hal yang Penting

Cukup hafalkan hal-hal penting yang biasanya muncul dalam soal, jangan sampai ingin menghafal semua yang ada di buku karena itu malah akan membuatmu pusing.

d. Ikuti Pelajaran Tambahan di Sekolah

Biasanya menjelang beberapa bulan sebelum ujian, Sekolah akan mengadakan pembelajaran tambahan bagi siswanya. Jika kamu ingin sukses dalam ujian maka ikutilah pelajaran tambahan tersebut jangan sampai kabur karena akan banyak ilmu yang kamu dapatkan.

e. Ikuti Bimbingan Belajar (Bimbel)

Jika kamu merasa belajar di Sekolah dan mengikuti pelajaran tambahan belum cukup, maka ikutilah Bimbel. Pilihlah tempat Bimbel yang bagus & sesuai dengan biaya yang orang tuamu miliki. Saat Bimbel kamu akan diajari berbagai cara mudah mengajarkan soal-soal dan juga tips/trik dalam mengerjakan soal. Belajar akan membuatmu jenuh, oleh karena itu semaptkanlah sesekali untuk refreshing bersama keluarga atau temanmu. Agar pikiranmu fresh kembali dan  semangat belajar lagi.

g. Kurangi Waktu Menonton, Main, dan Menggunakan Gadget

Ketika beberapa bulan menjelang ujian kurangilah menonton TV, bermain, dan menggunakan gadget. Sebab jika kamu ketergantungan dengan ketiga hal di atas kamu akan sulit untuk belajar.

2. Tips Saat Hari-H Ujian

Berikut ini tips saat Hari-H kamu melaksanakn ujian:

a. Sarapanlah terlebih dahulu sebelum melaksanakn ujian.

Ujian mengharuskan kamu berpikir untuk memecahkan masalah yang ada pada soal-soal. Berpikir itu butuh energi maka sarapanlah.

b. Minta Doa Orang tua

Sebelum berangkat ke Sekolah mintalah doa kepada kedua orang tuamu agar diberi kemudahan saat melaksanakn ujian. Doa orang tua itu sangat ampuh, terutama doa seorang ibu.

c. Jangan lupa untuk berdoa sebelum mengerjakan soal.

d. Rilekslah saat mengerjakan soal jangan merasa terbebani.

e. Percayalah kepada kemampuan dirimu, kamu sudah berusaha & kamu tinggalkan membuktikan hasil dari usahamu selama ini.

f. Kerjakan dari yang Mudah ke yang Sulit

Kerjakanlah soal dari yang mudah ke yang sulit, perhatikan juga waktu pengerjaaannya ya.

g. Tidak terburu-buru

Jangan terburu-buru ingin cepat selesai kerjakanlah dengan teliti. Biar lambat asal selesai tepat pada waktunya.

h. Manajemen Waktu

Jangan terlalu lama dalam mengerjakan suatu soal, sekiranya dianggap sulit kerjakanlah yang lain dulu.

i. Cara Ketika Stuck

Ketika kamu sudah stuck/mentok maka isilah soal yang kamu tidak mampu itu dengan jawaban yang sama. Misal ada 3 soal berurutan (27,28,29) yang kamu tidak bisa isi, maka pilihan terbaik adalah kamu isi dengan pilihan jawaban yang sama,  misalnya a semua. Jawaban seperti itu memiliki peluang kemungkinan ada yang benar lebih besar.

j. Istirahat yang cukup

Istirahatlah yang cukup sebelum ujian, jangan samapi kurang tidur. Kurang tidur akan membuatmu tidak konsentrasi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian, semoga sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top