Tips Belajar

Tips Tumbuhkan Kreatifitas Pada Anak

kreatifitas

Kreatifitas sangatlah perlu dimiliki oleh setiap orang, karena kreatifitas sangat membantu setiap orang dalam memecahkan permasalahn yang ia temui dalam hidupnya. Kretifitas antara orang yang satu dengan orang lainnya pasti berbeda-beda. Salah satu penyebab perbedaan kreatifitas ini adalah terlatih tidaknya seseorang dalam mengerjakan suatu hal yang menggunakan kretifitasnya. Oleh karena itu jika anda sebagai orang tua ingin anak anda memiliki kreatifitas yang baik, hendaknya anda mulai menanamkan kreatifitas tersebut sejak dini. Adapun tips untuk menumbuhkan kreatifitas pada anak antara lain:

1. Beri anak masalah

Biasanya kreatifitas timbul tidak dengan sendirinya melainkan harus diberikan stimulus terlebih dahulu. Salah satu stimulus yang bisa diberikan adalah masalah. Misalnya anak diberi permasalahan bagaimana caranya ia harus mengisi kertas putih kosong menjadi sesuatu yang memiliki nilai indah. Dari sana mereka akan berpikir dengan apakah mengisi kertas putih tersebut, mungkin akan ada yang mebuat lukisan, puisi, mozaik, dll.

2. Beri anak sesuatu yang menantang

Setiap anak sangat menyukai tantangan, oleh karena itu berilah sesuatu yang menurutnya menantang agar kretifitasnya muncul. Contoh mudahnya anda bisa menunjukan karya kepada anak, misalnya karya tersebut terbuat dari botol aqua bekas. Kemudian tantanglah ia untuk membuat sesuatu yang sama seperti anda ataupun menciptakan bentuk baru dari botol aqua bekas tadi. Dengan cara seperti itu biasanya kreatifitas anak akan timbul.

3. Beri bahan dan alat

Setiap orang memiliki kreatifitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu cobalah sediakan bahan dan alat yang bisa menunjang kreatifitas mereka masing-masing. Sebab dengan bahan dan alat ini mereka mampu menyalurkan kreatifitas mereka. Contoh mudahnya untuk anak antara lain beri ia kertas lipat dan bebaskan ia untuk membuat apapun dari kertas lipat tadi.

4. Ciptakan lingkungan rumah yang kaya akan sarana ekspresi diri 

Orang yang kreatif ialah orang yang mampu mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Oleh karena itu jika ingin anak anda kreatif maka sediakanlah berbagai perlatan yang menunjang anak untuk mengekspresikan dirinya seperti buku, alat permainan, alat menggambar, dll.

5. Beri respon terhadap hal kreatif yang anak lakukan

Ketika anak menghasilkan sebuah karya atau berhasil melakukan suatu hal dengan menggunakan kreatifitasnya maka berilah ia respon. Jika karyanya sudah bagus maka berilah ia pujian sewajarnya. Tetapi jika belum bagus tetap puji karyanya itu akan tetapi beri arahan dimanakah letak yang harus diperbaiki dengan bahasa yang sesuai agar ia termotivasi untuk lebih kreatif lagi.

6. Buat anak bahagia

Ketika seseorang bahagia maka kerja otaknya akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu senatiasalah buat anak bahagia agar ia bisa berpikir dengan baik dan bisa menjadi anak yang kreatif.

Itulah diantaranya beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan kreatifitas anak anda. Semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top